Monday 24 September 2012

PUJASERA TAMAN BOJANA, KUDUS

ENGLISH/INDONESIAN

Jika anda jalan-jalan atau melewati kota Kudus, jangan lupa berwisata Kuliner di Pujasera Taman Bojana, Kudus. Pujasera Taman Bojana, Kudus terletak dekat alun-alun kota Kudus sebelah kantor Bupati kudus, atau tepatnya di jalan Sunan Muria Kudus.


Lihat Pujasera Taman Bojana, Kudus di peta yang lebih besar
Di Pujasera Taman Bojana, Kudus banyak kios menjual makanan khas Kudus yaitu Soto, Sate, dan pindang  Kudus. Yang unik di Pujasera Taman Bojana, Kudus adalah sajian yang dihidangkan berasal dari daging Ayam atau daging Kerbau. Hampir tidak ditemukan daging Sapi. Hal ini adalah peninggalan Sunan Kudus pada saat menyebarkan agama Islam di Kudus beliau melarang mengkonsumsi Sapi untuk menghormati agama Hindu yang telah ada sebelumnya. Dalam Agama hindu Sapi dianggap hewan yang suci. Hal ini tetap tertanam di benak warga Kudus hingga saat ini.
Baik rasa soto, maupun pindang yang dicicipi buat penulis rasanya terlalu manis. Hingga pada saat memesan penulis minta agar tidak ditambahkan kecap.
Soto ayam campur berisi nasi putih, taoge, irisan seledri dan irisan daging ayam dengan kuah yang bening serta taburan remahan bawang putih goreng di atasnya. Untuk isian soto kerbaunya tidak jauh berbeda, hanya kuah dan dagingnya saja yang berbeda, serta adanya penambahan irisan kol. Rasanya soto ayam dan kerbau keduanya enak, bumbunya khas dan dagingnya juga tidak alot.
 
Nasi pindang dan nasi soto
Pindang daging maupun pindang ayam disajikan dengan menggunakan piring yang dialasi dengan daun pisang. Isiannya sangat sederhana, nasi putih, potongan daging kerbau, dan daun so (daun melinjo yang muda) dengan kuah yang agak kecokelatan serta taburan bawang merah goreng di atasnya. Sedangkan untuk isian pindang ayamnya hampir serupa, hanya kuah dan dagingnya yang membedakan serta tidak adanya penambahan bawang merah goreng.
Pujasera Taman Bojana, Kudus kios-kios makanan yang ada bentuknya sederhana dan tidak dilengkapi pendingin udara (AC). Namun meski tempatnya sederhana namun sebanding dengan rasa yang nikmat dan harga yang murah. Salah satu dari banyak kios serupa yang banyak direkomendasi adalah Soto Bp Sulichan.
Ada satu lagi kios soto kudus yang unik yaitu kios soto bu Ramijan. Keunikannya adalah penjaja warung tersebut wajahnya mirip sekali dengan jokowi. Silahkan lihat foto di bawah ini.


No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');