Sunday 9 January 2011

CANDI PRAMBANAN

ENGLISH/INDONESIA

Candi Prambanan adalah candi Hindu. Candi Prambanan terletak sekitar 18 km sebelah timur kota Yogyakarta. Candi Prambanan adalah candi hindu terbesar di Asia tenggara. Candi Prambanan memiliki ketinggian 47 m dan terletak pada bagian pusat dari komplek candi prambanan. Komplek candi tersebut disebut juga komplek candi sewu. Sewu berasal dari bahasa jawa yang berarti seribu. Disebut candi sewu karena banyaknya candi pada komplek candi tersebut.
Pada komplek candi tersebut terdapat 8 candi besar yang dikelilingi lebih dari 200 candi yang lebih kecil. Sayangnya tidak semua candi dalam kondisi baik. Beberapa diantaranya sedang dalam proses perbaikan beberapa diantaranya hanya berupa tumpukan batu. Pada saat terjadi gempa bumi besar di Yogyakarta, candi prambanan sempat ditutup. Pengunjung dilarang mendekat karena candi mengalami kerusakan dan berbahaya untuk pengunjung. Pengunjung hanya diijinkan melihat dari panggung yang disediakan.
Candi prambanan lokasinya tidak jauh dari Candi Borobudur. Jadi jika anda berkunjung ke Candi Prambanan, jangan lupa juga untuk berkunjung ke Candi Borobudur.

Peta lokasi Prambanan klik Gambar untuk memperbesar
Lihat Peta lokasi Candi Prambanan di peta yang lebih besar
Prambanan model

No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');