Sunday, 9 January 2011

GUNUNG TANGKUBAN PERAHU

ENGLISH/INDONESIA

Gunung Tangkuban Perahu adalah sebuah guunung yang dijadikan daerah tujuan wisata. Berlokasi di Lembang Jawa Barat sekitar 28 km di sebelah utara kota Bandung. Gunung tangkuban Perahu memiliki ketinggian 2076 m. Terdapat dua kawah di Gunung Tangkuban Perahu. Yang terbesar adalah kawah ratu yang lainnya adalah kawah Domas. Kawah Domas terletak di puncak gunung, terletak beberapa km dari gerbang masuk utama dan dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan kecil sekitar 15 menit, sedangkan kendaraan besar seperti bis disediakan parkir agak dibawah dan untuk keatas disediakan kendaraan khusus. Dari pintu gerbang utama ke kawah ratu melewati hutan dengan pemandangan yang indah. Kawah ratu juga dikelilingi oleh hutan.
Kawah lain adalah kawah domas Untuk mencapai kawah domas kita harus turun kembali dari kawah ratu menuju pintu masuk kawah domas. Dari pintu masuk kekawah domas berjarak sekitar 1,5 km dan hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki atau naik ojek yang mangkal digerbang masuk. Di kawah domas terdapat beberapa geyser/sumber air panas yang mendidih. Terdapat beberapa pedagang yang menyediakan jasa untuk memasak telur digeyser tersebut. 


Bagaimana cara kesana
Untuk ke Gunung Tangkuban perahu tergantung dari mana anda berasal. Jika anda berasal dari Bandung, maka anda harus menuju lembang setelah itu menuju tangkuban perahu. Jika anda berasal dari Jakarta ada beberapa  pilihan yaitu lewat jakarta-bandung-lembang-tangkuban perahu, jakarta-cimahi-lembang-tangkuban perahu, jakarta-sadang-subang-ciater-tangkuban perahu. Untuk anda yang berasal dari kota laian dan untuk lebih jelasnya silahkan lihat peta berikut.
Peta lokasi gunung tangkuban perahu klik gambar untuk memperbesar

Lihat Peta lokasi  gunung tangkuban perahu di peta yang lebih besar
Berikut adalah gambar kawah ratu









Picture road to Domas Crater

 Below picture of Domas Crater


2 comments:

  1. ok than atas petunjuk dari jkt ke tngkuban prhunya.

    ReplyDelete
  2. Senang bisa membantu. semoga bermanfaat

    ReplyDelete