Sunday 9 January 2011

LUMPUR PANAS LAPINDO PORONG

ENGLISH/INDONESIA

Kawah Lumpur Panas Porong terletak di distrik kabupaten Porong Kabupaten SidoarjoJawa Timur. Ia terletak sekitar 35 km sebelah selatan Surabaya.

Lihat Kawah Lumpur Panas Porong di peta yang lebih besar
kawah Lumpur ini juga disebut kawah Lumpur Lapindo.Lapindo adalah perusahaan yang dianggap sebagai penyebab semburan lumpur tersebut. Kawah lumpur telah terjadi sejak bulan Juni 2006, saat sumur borgas alam PT Lapindo Brantas mengeluarkan semburan liar, Walaupun mereka mengatakan hal itu disebabkan oleh gempa. Ini adalah kawah lumpur terbesardi dunia. Setiap hari 30.000 m3 lumpur mengalir keluar dari kawah tersebut. (Hal ini setara dengan selusin kolam renang ukuran Olimpiade). Aliran Lumpur dihperkirakan terus keluar hingga 30 tahun.

Aliran Lumpur telah menenggelamkan beberapa desa sekitarnya, jalan tol dan rel Kereta Api.Tanggul penahan dengan tinggi 14 m dan saluran pembuangan ke sungai porong dibuat untuk mencegah meluasnya luberan lumpur lapindo.
 Kadang-kadang adabeberapa titik kecil pada daerah sekelilingnya mengalir keluar semburan lumpur kecil, air dan gas metan (gas yang mudah terbakar).

Saat ini banyak orang mengunjungi sekitar tanggul hanya untuk berpariwisata.




Desa yang terendam lumpur

No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');