Friday 4 March 2011

GENSET TERAPUNG BANDA ACEH

ENGLISH/INDONESIA

Genset terapung adalah sebuah kapal laut yang dibuat sebagai tempat pembangkit listrik tenaga diesel. Tujuannya adalah genset ini dapat dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain yang membutuhkan listrik dimana daerah tersebut belum mendapatkan aliran listrik. Hal ini penting mengingat Indonesia adalah negara kepulauan.

Yang menarik dari genset terapung di Banda Aceh adalah lokasi genset terapung tersebut tidak berada di laut, tapi berada jauh di daratan. Mengapa hal itu bisa terjadi ?
Hal ini bisa terjadi karena pada waktu itu 26 Desember 2004 terjadi Gempa besar di Banda Aceh. Setelah Gempa tersebut timbul tsunami yang menghanyutkan kapal tersebut ke daratan. Kapal itu bobotnya 1.600 ton dan panjangnya 63 m, sebuah kapal yang cukup besar. Pada saat diombang-ambingkan ombak kapal tersebut banyak merusak rumah warga hingga akhirnya parkir di tempatnya hingga sekarang.


Lihat GENSET TERAPUNG BANDA ACEH di peta yang lebih besar

Saat ini selain dimanfaatkan sebagai Pembangkit listrik, tempat tersebut juga menjadi tempat kunjungan wisata untuk mengenang kedahsyatan tsunami Aceh tahun 2004.




No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');