Sunday 17 April 2011

DANAU JATILUHUR

ENGLISH/INDONESIA

Danau Jatiluhur terletak di Kabupaten Purwakarta, propinsi Jawa Barat. Jika dari jakarta atau dari Bandung dapat diakses lewat jalan tol Purbaleunyi dan keluar di pintu keluar Jatiluhur.

Lihat Peta lokasi Danau Jatiluhur di peta yang lebih besar
Danau Jatiluhur sebenarnya adalah danau buatan dari sungai citarum yang dibendung, sehingga jadilah sebuah danau atau waduk atau bendungan. Danau Jatiluhur sering juga disebut Waduk atau Bendungan Jatiluhur ataupun Waduk/bendungan Ir H Juanda. Sungai Citarum adalah sungai terbesar di Jawa Barat, sehingga jadilah waduk jatilihur sebagai waduk terbesar di Indonesia.
Waduk Jatiluhur dibangun sejak tahun 1957. Waduk ini memiliki luas 8.300 hektar. Waduk ini dijadikan sebagai pembangkit tenaga listrik dengan kapasitas daya sebesar 187 MW. Selain itu waduk Jatiluhur juga berfungsi sebagai sumber irigasi bagi area persawahan di bawah waduk, juga berfungsi sebagai bahan baku air PDAM Jakarta.
Fungsi lain waduk jatiluhur adalah sebagai sarana rekreasi dan wisata serta untuk budidaya ikan air tawar. Sehingga sekarang lebih dikenal sebagai sarana rekreasi Danau Jatiluhur. Tinggi permukaan air Danau Jatiluhur adalah sekitar 100 m di atas permukaan laut. danau Jatiluhur dikelilingi bukit dan gunung dengan ketinggian antara 100 m sampai dengan 1200 m. Dengan demikian pemandangan di danau Jatiluhur menjadi sangat indah. Di kawasan Danau Jatiluhur banyak tersedia sarana rekreasi seperti playground, hotel, bungalow, waterworld, boat, perahu, water sport dan lain-lain.
Selain itu kawasan Jatiluhur sering juga digunakan untuk outbond. Bukit-bukit batunyapun juga sering digunakan untuk latihan rapeling atau panjat tebing.

 Danau Jatiluhur dilihat dari water world park
 

 Perahu disewakan untuk keliling danau Jatiluhur

Bendungan Jatiluhur
Peta lokasi wisata waduk jatiluhur

No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');