Monday, 16 May 2011

Taman Monumen Nasional (MONAS)

ENGLISH/INDONESIA

Taman Monumen nasional atau sering disingkat Monas terletak di Jantung ibukota negara Indonesia Jakarta. Monas merupakan icon  dan lambang kota Jakarta. Taman monas sendiri terdiri dari Tugu Monas dan taman monas.
Tugu Monas dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajahan Belanda. Tugu Monas memiliki tinggi 132 m. Pada jamannya (pada saat di bangun tahun 1961) tugu Monas merupakan bangunan tertinggi di Indonesia. Disain  Tugu Monas berupa Lingga Yoni dibangun dengan mengadopsi tanggal kemerdekaan negara indonesia yaitu 17-8-1945.
- Tinggi Cawan adalah 17 meter
- Lebar dasar monumen 8 meter
- Lebar cawan 45 meter
Ukuran tugu monas
Pada bagian luar mengelilingi  monumen pada tiap sudutnya terdapat relief timbul yang mengisahkan sejarah perjuangan Indonesia. Relief tersebut di mulai dari masa lampau dari zaman kerjaan Singasari dan Majapahit, kemudian jaman penjajahan Belanda disertai perlawanan dari bangsa Indonesia serta pahlawan-pahlawanya, kemudian berdirinya organisasi pergerakan modern, masa perang phisik kemerdekaan hingga jaman pembangunan setelah merdeka.
Relief sejarah Bangsa Indonesia
Pada bagian dasar monumen pada kedalaman 3 meter di bawah permukaan tanah terdapat Museum sejarah indonesia. Ukuran museum tersebut adalah 80 x 80 meter yang dilapisi marmer dari Italia. Di dalam museum tersebut terdapat 48 diorama pada bagian sisi dan 3 diorama pada bagian tengah. diorama tersebut juga mengisahkan sejarah bangsa Indonesia.
Diorama sejarah Bangsa Indonesia
Pada bagian dalam Cawan terdapat Ruangan Kemerdekaan. Ruangan ini berbentuk seperti teater. Pada ruangan ini banyak barang-barang peninggalan dan simbol-simbol negara yang terbuat dari perungu dan berlapis emas. Di sini juga terdapat naskah dan rekaman suara asli dari pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.
Ruang kemerdekaan

Pada atas monumen terdapat pelataran dengan ukuran 11 x 11 meter pada ketinggian 115 m dari tanah. Untuk mencapai pelataran puncak dapat menggunakan lift. Di dalam pelataran puncak ini terdapat teropong untuk melihat pemandangan kota Jakarta.
Pelataran atas monas
Di bagian atas pelataran puncak terdapat cawan yang manampung obor yang menyala dari perungu seberat 14,5 ton yang dilapisi emas seberat 35 kg. Tahun 1995 menyambut perayaan ulang tahun emas kemerdekaan Indonesia ke 50, obor ini dilapisi ulang dengan emas hingga total menjadi 50 kg. Obor ini melambangkan semangatbangsa indonesia yang pantang menyerah.

Selain Tugu monas di Taman monas juga terdapat taman yang merupakan hutan kota. Selain indah juga terdapat jogging track, Air mancur yang meliuk-liuk serta bermandikan cahaya pada malam hari. Taman monas luasnya 80 hektar. Jika anda lelah anda dapat menumpang kereta/mobil wisata yang ada. Untuk masuk ke taman ini tidak di pungut biaya.

Bagaimana Cara Kesana
Untuk ke Monas anda dapat menggunakan berbagai macam angkutan umum. Anda dapat menggunakan biskota atau trans Jakarta dan turunlah di sekitar gedung indosat jl Thamrin atau yang melewati jalan merdeka selatan dan turun di sekitar gedung kementrian BUMN. Dari situ anda bisa langsung masuk melalui pintu masuk yang ada. Jika anda menggunakan KRL maka anda dapat turun di stasiun Juanda dari situ anda dapat berjalan kaki menuju tempat yang telah disebutkan sebelumnya atau menggunakan bis kota karena jarak ke pintu masuk cukup jauh sekitar 2 km.
Peta Lokasi Monas. Klik Gambar untuk memperbesar


No comments:

Post a Comment