Wednesday, 6 July 2011

INDAHNYA KAWAH IJEN

ENGLISH/INDONESIAN

Kawah Ijen terletak di perbatasan kabupaten Banyuwangi dan kabupaten Sitbondo. Tepatnya di kecamatan Licin Banyuwangi dan kecamatan Sempol Bondowoso. Kawah Ijen terletak di sisi barat dari puncak gunung Merapi Jawa timur. Gunung Meapi memiliki ketinggian 2787 m sedangkan kawah Ijen permukaan air danaunya terletak pada ketinggian 2148 m. Bibir kaldera kawah ijen terletak pada ketinggian yang bervariasi mulai dari 2160 m hingga 2386 m. Suhu di sekitar kawah ijen cukup sejuk sekitar 10 derajat. Bahkan kadang-kadang mencapai 2 derajat.


Kawah ijen memiliki pemandangan yang sangat indah, karena di kawah tersebut terdapat danau berwarna hijau kebiruan. Konon danau kawah ijen tersebut merupakan danau kawah terbesar di dunia dengan ukuran sekitar 960 m x 600 m. keistimewaan lain dari kawah ijen adalah danau kawah tersebut memiliki derajat keasaman yang sangat tinggi yang dapat menghancurkan tubuh manusia dengan cepat.

Titik Start pendakian ke kawah ijen 
Temperatur kawah ijen sangat panas. Di beberapa tempat terlihat semburan asap yang mengandung gas belerang  yang bau gasnya cukup menyengat. Sebaiknya anda menggunakan masker atau tidak berlama-lama didekat semburan asap gas belerang tersebut.
Banyaknya  belerang yang terdapat di kawah ijen dimanfaatkan  oleh warga setempat.untuk menambang belerang secara tradisional.

Medan pendakian ke kawah ijen

 Check point di jalur pendakian ke kawah ijen
Bagaimana Cara Kesana
Untuk menuju kawah ijen dapat ditempuh dari Kota Bondowoso atau dari Banyuwangi (lihat peta di bawah). Dari Bondowoso perjalanan ke arah kota Situbondo lalu di Wonosari berbelok ke kanan melewati Sukosari, Sempol hingga Paltuding. Paltuding terletak pada ketinggian 1882 m merupakan pos terakhir yang dapat dilalui kendaraan. Perjalanan selanjutnya ke bibir kawah ijen hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki menempuh jarak sekitar 2,3 km dan menanjak sekitar 220 m yang dapat ditempuh sekitar 1 hingga 2 jam.
Jalur Banyuwangi melewati Glagah, Licin hingga Paltuding.
Jalur Bondowoso dan Banyuwangi melewati hutan pinus, hutan campuran, perkebunan kopi ataupun tembakau, dengan pemandangan yang indah.
Peta Topografi Kawah Ijen

Jalur pendakian ke kawah Ijen dimulai dari ketinggian sekitar 1874 m dpl. Perjalanan menuju kawah ijen hingga pos tempat penimbangan tambang belerang pertama atau rumah bunder melalui jalan setapak yang cukup lebar sekitar 2m. Posi ini berada pada ketinggian sekitar 2191 m. Kondisi jalan setapak sudah padat terdiri campuran batu pasir. Kemiringan jalur mendaki sekitar 10 sampai dengan 45 derajat. Kondisi jalan setapak pada bagian ini dibuat tanpa step-step anak tangga. Pendakian hingga rumah bunder ini cukup berat menempuh jarak sekitar 2 km dan perbedaan ketinggian sekitar 300 m. Berat untuk orang awam (bukan pendaki atau yang kondisi fisiknya pasa-pasan). Buat penulis sendiri yang sudah berusia kepala empat, jaran sekali berolah raga dan sedikit over weight memang terasa cukup berat, tetapi bukan berarti tidak dapat dijalani. Dengan pengaturan ritme perjalanan yang agak lambat dan banyak beristirahat toh akhirnya kawah ijen berhasil di capai.
 
Indahnya pemandangan di kawah ijen


Peta Lokasi Kawah Ijen
Lihat Peta Lokasi Kawah Ijen di peta yang lebih besar

No comments:

Post a Comment