Friday 6 January 2012

PESONA KAWAH KAMOJANG GARUT

ENGLISH/INDONESIAN

Kabupaten Garut banyak sekali memiliki daerah wisata. Salah satunya adalah Kawah Kamojang. Walaupun letaknya dekat Garut namun sebenarnya secara administratif Kawah Kamojang termasuk dalam wilayah kecamatan Ibun kabupaten Bandung.

Di kawasan Kawah Kamojang banyak sekali terdapat kawah dan sumber panas Bumi. Sebagian kawah/sumber/sumur panas bumi tersebut dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga panas bumi. Sumur pertama dibor pada jaman pemerintahan penjajahan Belanda tahun 1926. Dari sumur-sumur yang letaknya terpisah-pisah, energi panas bumi dialirkan ke Turbin pembangkit listrik melalui pipa-pipa besi yang besar. Pembangkit listrik tersebut dikelola oleh PT Indonesia Power (anak perusahaan PLN) sedangkan sumur-sumur panas buminya dikelola oleh PT Petamina Geothermal Energy (anak perusahaan Pertamina). Pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Kamojang moderen merupakan PLTP pertama di Indonesia dan diresmikan oleh presiden Soeharto tahun 1983. Sumur-sumur panas bumi dan pembangkit listrik ini tertutup untuk umum.

 PLTP Kamojang

 Sumur-sumur PLTP dihubungkan dengan pipa-pipa besi besar

Tidak semua kawah/sumur panas bumi yang ada dimanfaatkan untuk pembangkit listrik. Sebagian dimanfaatkan untuk obyek wisata dan terbuka untuk umum. Salah satu kawah dapat dinikmati secara gratis, yaitu kawah manuk.
Kawah Manuk di kawasan wisata kawah Kamojang
Kawah-kawah lainnya masuk dalam kawasan wisata kawah Kamojang, dan untuk masuk dikenakan biaya Rp. 3.000 per orang. Di dalam kawasan wisata kawah Kamojang terdapat beberapa kawah. Salah satu yang unik yaitu kawah/geyser Kereta api. Dari kawah ini keluar uap air dengan tekanan tinggi dan disertai suara gemuruh yang cukup keras. Pada saat penulis melakukan kunjungan, terdapat seorang pria yang melakukan pertunjukan di kawah kereta api. Adapun pertunjukannya adalah melemparkan plastik dan berbagai botol air mineral kosong ke atas lubang kawah tersebut sehingga botol-botol plastik tersebut terlontar cukup tinggi ke udara. Atraksi lain adalah pria tersebut berdiri diatas lubang kawah tersebut. Atraksi lainnya adalah dengan menaruh ujung potongan batang bambu di mulut kawah, sehingga menimbulkan suara seperti suara pluit kereta api. Mungkin inilah penyebab kawah tersebut dinamakan kawah kereta api.
 Kawah kereta api, Kamojang
 Atraksi di kawah kereta api
 Terapi asap kawah, di Kamojang
Kawah lainnya ada yang dipergunakan untuk terapi asap. Pengunjung dapat melakukan terapi dengan duduk-duduk disekitar sebuah kawah yang mengeluarkan asap. Fasilitas lain yang ada dikawasan wisata kawah Kamojang adalah tempat parkir kendaraan yang cukup luas, MCK, Musholla, kios pedagang makanan dan souvenir.
Jalan dari tempat parkir menuju kawah kereta api, Kamojang

Bagaimana Cara ke Kawah Kamojang
Seperti telah disebutkan terdahulu kawasan wisata kawah Kamojang terletak diperbatasan kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung. Jadi untuk mencapai kawah Kamojang dapat ditempuh lewat garut atau lewat Bandung.
Untuk rute Bandung adalah Bandung - Majalaya - Paseh - PLTP Kamojang - Kawah Kamojang.
Untuk Rute Garut adalah Garut - Tarogong - Samarang - PLTP Kamojang - Kawah Kamojang.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada peta dibawah ini.


Peta lokasi dan rute ke kawah Kamojang 
Tidak ada kendaraan umum yang sampai ke lokasi kawah. Kendaraan umum hanya lewat di lokasi PLTP Kamojang. Selanjutnya dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki hingga gerbang masuk kawasan wisata Kamojang dengan jarak sekitar 2 km dan menanjak dengan beda ketinggian sekitar 150 m. 
Kondisi jalan hingga ke lokasi PLTP cukup Baik dan mulus. begitu pula hingga mendekati kawah manuk. Namun dari situ hingga gerbang masuk dan tempat parkir jalan berupa jalan pasir dan batu sekitar 400m. Namun tidak perlu khawatir karena kondisi jalan pasir/batu tersebut cukup padat dan baik hingga kendaraan roda empat biasa atau kendaraan roda dua dapat melewatinya dengan mudah. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut.
 Peta Lokasi kawasan wisata kawah Kamojang.


Lihat Kawah Kamojang di peta yang lebih besar

4 comments:

  1. Selamat siang
    mohon maaf tolong d edit, karena KAMOJANG itu bukan Garut tetapi Bandung
    terimakasih
    Asep Muhamad Deni
    Kamojang Rt 03 Rw 06 Ds Laksana Kec. Ibun Kab. Bandung

    ReplyDelete
  2. Ya anda benar sekali.
    Jika anda baca paragraf pertama dari tulisan ini telah disebutkan

    "Walaupun letaknya dekat Garut namun sebenarnya secara administratif Kawah Kamojang termasuk dalam wilayah kecamatan Ibun kabupaten Bandung"

    Terima kasih atas kunjungannya

    ReplyDelete
  3. apakah jalan menuju kamojang dari bandung atau garut menanjak parah? maklum kendaraan saya dah cukup umur. Terima kasih..

    ReplyDelete
  4. Saya setuju dengan Cammozank, untuk Desnantara bagaimana kalau kalimatnya dipertegas saja bahwa keberadaan Kamojang itu memang berada di Kabupaten Bandung. Ya...sebagai salah satu bentuk kepedulian generasi muda dalam meluruskan sejarah dan letak geografisnya.
    Untuk Adhi wahyudi: bila kendaraan tidak memungkinkan melewati dari jalur Majalaya silahkan memutar lewat Samarang, Garut. Karena dari arah Majalaya ada tikungan jalan yang menanjak dan berbelok dengan cukup ekstrim (daerah cukang Monteng).
    Untuk sejarah Kamojang, silahkan bisa kunjungi www.cukangmonteng.com

    ReplyDelete

;nnpz','_tapgmz');