Friday 21 September 2012

MASJID BESAR KAUMAN SEMARANG

ENGLISH/INDONESIAN

Masjid besar Kauman Semarang terletak di Jl. Alun-alun Barat Nomor 71, kelurahan Bangun Harjo, kecamatan Semarang Tengah, kota Semarang Propinsi Jawa Tengah. Dulunya berada di wilayah kelurahan Kauman namun karena pemekaran wilayah, sekarang masuk ke dalam wilayah kelurahan Bangunharjo.
Lihat Peta Lokasi Masjid besar Kauman Semarang di peta yang lebih besar
Masjid besar Kauman Semarang Dahulu bernama Masjid Agung Semarang Hal ini dapat dilihat di gerbang Masjid dan tertulis di fasad depan masjid. Tulisan dengan aksara arab cukup besar, namun masyarakat lebih mengenal masjid ini dengan sebutan Masjid Besar Kauman Semarang.
Foto Masjid Kauman Semarang di tengah kawasan komersial
 Dahulu terletak ekat alun-alun kota Semarang. Namun alun-alun tersebut sekarang telah berubah menjadi kawasan komersial, seperti pasar Johar, pasar Yaik, gedung BPD dan Hotel Metro.

Masjid besar Kauman Semarang didirikan pada awal abad ke-16 oleh Kiai Ageng Pandanaran. Masjid besar Kauman Semarang telah dipugar beberapa kali. Pada tahun 1759-1760 Masjid besar Kauman Semarang direnovasi menjadi masjid yang lebih besar oleh Kiai Adipati Surohadimenggolo III, sebagai Bupati Semarang kala itu. Tiga buah inskripsi yang kini masih tertempel di gapura utama masjid yang bertuliskan huruf jawa latin dan Arab menandai renovasi masjid tersebut
Tahun 1867 RM Tumenggung Ario Purboningrat  merenovasi  Masjid besar Kauman Semarang. 
Pada 23 April 1889 Asisten Residen Semarang GI Blume dan Bupati R Tumenggung Cokrodipuro,   Masjid besar Kauman Semarang  kembali direnovasi. Arsitek berkebangsaan Belanda GA Gambier dipercaya untuk menangani pekerjaan itu. Masjid selesai di renovasi tanggal 23 November 1890

No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');