Monday 5 November 2012

KOMPLEK UNIVERSITAS INDONESIA, DEPOK/JAKARTA

ENGLISH/INDONESIAN

Universitas Indonesia merupakan universitas tertua dan terbesar di Indonesia. Sebagian besar kampusnya berlokasi di perbatasan Depok dan Jakarta Selatan. Sedangkan kampus lainnya berlokasi di Salemba, Jakarta Pusat. Komplek Universitas Indonesia, Depok/Jakarta sebagian terletak di wilayah Jakarta Selatan, propinsi DKI Jakarta dan sebagian besar terletak di wilayah Depok, propinsi Jawa Barat.

Lihat Peta Lokasi Komplek Universitas Indonesia di peta yang lebih besar
Komplek Universitas Indonesia, Depok/Jakarta menempati lahan yang sangat luas. Total Luasnya mencapai sekitar 312 hektar. dengan perincian 
Bangunan fisik gedung dan penyangga hijauan lansekap 170 ha.
Ekosistem Perairan 30 ha.
Kawasan Hutan Kota 100 ha dan
Sarana prasarana penunjang termasuk penyangga lingkungan 12 ha.
 
 Jika dilihat dari perincian wilayah Komplek Universitas Indonesia, Depok/Jakarta, maka selain berfungsi sebagai kampus untuk sarana pendidikan juga berfungsi sebagai sarana konservasi alam. Selain itu dengan adanya hutan kota dan beberapa danau di lingkungan Komplek Universitas Indonesia, Depok/Jakarta, maka  tempat ini juga dijadikan lokasi wisata alam karena memliki lingkungan yang asri dengan pemandangan yang indah. Selain untuk berwisata juga dapat digunakan untuk berolahraga jogging ataupun bersepeda keliling kampus. Komplek Universitas Indonesia, Depok/Jakarta juga memiliki berbagai fasilitas olahraga termasuk stadion.
Komplek Universitas Indonesia, Depok/Jakarta juga memiliki fasilitas masjid yang cukup megah yaitu Masjid Ukhuwah Islamiyah (Msjid UI)
  

Kawasan Hutan Kota yang dikelola UI mencirikan ekosistem hutan tropis dengan tiga bentuk ekosistem unggulan yaitu:
Ekosistem pepohonan yang bersumber dari Indonesia Bagian Timur,
Ekosistem pepohonan wilayah Indonesia Bagian Barat
Komplek vegetasi asli JABODETABEK yang dipadu serasi dengan zoning Hutan Jati Mas yang tumbuh hijau menghampar diantara gedung Rektorat UI dan FASILKOM serta FISIP UI.

  Foto Hutan kota Komplek Universitas Indonesia
Selain Kawasan Hutan Kota yang asri dan nyaman, di Kampus UI Depok juga terdapat danau yang berfungsi untuk daerah resapan air . Terdapat 6 danau di Kampus UI Depok, antara lain: Danau Kenanga
Lokasi diantara Gedung Rektorat Balairung dan Masjid UI, dibangun tahun 1992 dengan luas 28.000 M2.
Danau Aghatis
Lokasi diantara FMIPA dan Politeknik Negeri Jakarta dibangun tahun 1995 dengan luas 20.000 M2
Danau Mahoni
Lokasi terletak disebelah Utarda dan Selatan Kampus dibatasi oleh jalan utama lingkar selatan (Sebelah timur FIB & PSI, sebelah Barat FE) dan dibangun pada tahun 1996 dengan luas 45.000 M2.
Danau Puspa
Lokasi terletak diantara Danau Ulin dan Danau Mahoni, dibangun pada tahun 1995 dengan luas 20.000 M2.
Danau Ulin
Lokasi terletak diantara Danau Puspa dan Danau Salam, dibangun pada tahun 1998 dengan luas 72.000 M2.
Danau Salam
Lokasi bersejajar sesuai aliran dari selatan ke utara sebagai bagian rangkaian Danau Ulin dan Danau Puspa, dibangun pada tahun 1998 dengan luas 42.000 M2.
 Foto Salah satu danau di  Komplek Universitas Indonesia
Komplek Universitas Indonesia juga memiliki fasilitas penangkaran rusa

Bagaimana cara ke Komplek Universitas Indonesia, Depok/Jakarta
Komplek Universitas Indonesia, Depok/Jakarta dapat di akses dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Ada tiga gerbang masuk Komplek Universitas Indonesia, Depok/Jakarta yaitu gerbang utama, gerbang Kukusan Teknik dan gerbang Kukusan kelurahan. Hanya gerbang utama yang dapat diakses kendaraan roda empat, sedangkan gerbang lain hanya dapat diakses oleh pejalan kaki atau kendaraan roda dua.
Tidak ada kendaraan umum yang beroperasi di dalam Komplek Universitas Indonesia, Depok/Jakarta. Namun untuk keliling kampus terdapat bis kampus atau populer dengan sebutan bis kuning dengan tarif gratis dengan rute dari gerbang utama - keliling kampus. Angkutan lain di dalam kampus adalah ojek motor.
Untuk menuju Komplek Universitas Indonesia, Depok/Jakarta dapat menggunakan kereta api komuter line. Ada dua stasiun kereta api yang bersinggungan dengan Komplek Universitas Indonesia, Depok/Jakarta yaitu STASIUN KERETA API KAMPUS UI, DEPOK dan STASIUN KERETA API PONDOK CINA, DEPOK. Jika anda menggunakan angkutan kota atau bis kota anda bisa turun di sekitar gerbang utama.







No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');