Friday, 28 December 2012

GILI TRAWANGAN, GILI MENO DAN GILI AIR LOMBOK

ENGLISH/INDONESIAN

Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air adalah nama tiga buah pulau kecil di bagian barat laut dari pulau Lombok atau sebelah Timur pulau Bali. Keunikan dari ketiga buah pulau tersebut adalah masing-masing pulau dikelilingi oleh pasir putih dan air laut yang sangat jernih. Keunikan lain adalah kendaraan bermotor dilarang beroperasi di pulau tersebut demikian pula dengan anjing juga tidak diperbolehkan. Sebagai ganti kendaraan bermotor digunakan cidomo sebagai alat angkutan di pulau yaitu sejenis delman yang ditarik kuda. Untuk keliling pulau dapat juga menggunakan sepeda.

 
Pasir putih dan jernihnya air laut tersebut membuat ketiga pulau itu menjadi tempat tujuan wisata yang sangat terkenal terutama untuk wisata pantai, snorkeling atau menyelam. Selain itu terdapat pula tempat penangkaran penyu.

 
Daya Tarik lain ke tiga pulau Gili ini adalah Sunset dan Sunrise (Matahari Terbit dan Matahari Tenggelam). Karena lebar pulau relatif kecil antara 1 km sampai 1,7 km, maka kita bisa jalan kaki atau naik sepeda dari sebelah barat pulau ke sebelah timur pulau untuk menikmati Sunset dan sunrise.
Pulau yang terbesar dan paling terkenal adalah pulau Gili Trawangan. Sedangkan yang terkecil adalah Gili Meno.
Untuk masalah penginapan tidak perlu khawatir, karena banyak sekali hotel di ketiga pulau tersebut dari klas Backpacker hingga yang berbintang lima. Berikut Link untuk melihat DAFTAR HOTEL DI PULAU GILI (TRAWANGAN , MENO, AIR)



Lihat Hotel di Gili (trawangan, meno, air) di peta yang lebih besar
Bagaimana Cara ke Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air
Pulau Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air dapat ditempuh dari pulau Bali atau pulau Lombok.
Dari Lombok
Untuk menyeberang dari pulau Lombok kita harus mencapai pelabuhan Bangsal. Pelabuhan Bangsal ini merupakan pelabuhan terdekat di pulau Lombok menuju ke tiga pulau Gili tersebut. Pelabuhan Bangsal dari kota Mataram jaraknya sekitar 33 km. Dari Mataram ke Pelabuhan Bangsal dapat menggunakan Taxi atau Bus.
Cara Lain menyeberang dari lombok adalah dari pelabuhan Lembar. Namun jaraknya lebih jauh, harga tiket penyeberangannya lebih mahal dan waktu tempuhnya juga jauh lebih lama dibandingkan dengan cara pertama.
Lalu bagaimana cara ke Lombok/Mataram. Untuk ke Lombok atau Mataram dapat menggunakan pesawat terbang. Cara ini adalah cara tercepat. Cara Lain adalah menggunakan transportasi Darat. Jika anda dari jakarta dapat menggunakan bis langsung Jakarta - Mataram AC dengan harga tiket sekitar Rp 450.000 Biasanya sudah termasuk makan. Waktu tempuh cara ini hampir 2 hari. Dapat juga mengunakan transportasi Gabungan Kereta Api - Bis- Ferry hingga ke Mataram. Untuk cara ini pertama adalah harus mencapai pelabuhan ketapang Banyuwangi, Lalu menyeberang ke pelabuhan Gilimanuk Pulau Bali dengan menggunakan fery dengan harga tiket Rp 6.000. Dari sini dilanjutkan ke Pelabuhan Padang Bai dengan menggunakan Bus. Dari Pelabuhan Padang Bai menyeberang ke Pelabuhan Lembar Lombok menggunakan Fery dengan Harga Tiket Rp 36.000. Dari Pelabuhan Lembar ke Mataram dapat menggunakan Bus. Namun cara ini menguras energi dan waktu tempuh yang jauh lebih lama. Juga harus diingat biaya untuk makan selama dalam perjalanan ini.
Dari Bali
Dari Bali bisa langsung menyeberang ke tiga pulau tersebut dari pelabuhan Padang Bai dengan menggunakan kapal cepat. Waktu tempuhnya sekitar 4 jam. Harga tiket sekitar Rp 460.000.
Untuk ke Bali cara tercepat adalah menggunakan pesawat Udara ke pelabuhan Udara Ngurah Rai. Dari sini dapat menggunakan Taksi, sewa mobil langsung ke pelabuhan padang bai. Atau naik taksi ke terminal denpasar lalu dilanjutkan naik bus ke pelabuhan Lembar.
Untuk transportasi darat menuju ke Bali sama dengan cara ke Lombok, bedanya hanya sampai Bali saja.

Selamat berwisata

No comments:

Post a Comment

nnpz','_tapgmz');