Sunday 7 July 2013

MASJID SULTAN, BUGIS, SINGAPURA

ENGLISH/INDONESIAN

Masjid Sultan terletak di jalan North Bridge Road, dan diapit pula oleh jalan Muscat street, Distrik Kampung Glam, Rochor area, Singapura.198833.
Telepon : +6562934405
websites :  http://www.sultanmosque.org.sg
Facebook : Sultan Mosque - Singapore on Facebook

Lihat masjid sultan di peta yang lebih besar

Masjid Sultan terdiri atas tiga lantai. Lantai dasar digunakan sebagai tempat wudhu, toilet dan ruang lainnya. Ruang ibadah utama terletak di lantai satu dengan void ke lantai tiga. Ruang ibadah tambahan terletak di lantai tiga sebelah kir, kanan dan belakang. Sebagaian ruang belakang lantai tiga ini digunakan untuk jemaah muslimah. Sebagai penyejuk ruangan, masjid sultan masih menggunakan kipas angin listrik. Pada bagian sayap kipas angin gantung berukuran biasa yang digunakan. Namun pada bagian tengah terdapat tiga buah kipas angin gantung berukuran raksasa.

Masjid Sultan memiliki atap terbuat dari beton dengan beberapa kubah berwarna emas pada tiga sisinya. Pada bagian tengah atap berbentuk prisma segitiga berwarna hijau. Pada gambar di bawah tampak model 3 dimensi masjid Sulatn. Pada model ini belum ada kubah dan menara besarnya.

Model 3 dimensi masjid Sultan
Masjid Sultan merpakan masjid bersejarah di Singapura. Masjid tersebut dibangun tak jauh dari Istananya dimulai pada 1824 hingga 1826. bangunan masjid yang pertama dibangun berbentuk masjid tradisional nusantara dengan atap limas bersusun tiga. Pertama kali berdiri masjid Sultan Singapura ber-arsitektur Indonesia dengan atap limas bersusun dua. Karena memang dibangun oleh masyarakat muslim Jawa. Tahun 1920-an masjid berarsitektur Indonesia itu kemudian dibongkar dan dibangun kembali menjadi seperti sekarang. Setelah direnovasi dan ditetapkan sebagai produk pariwisata Singapura. Nama asli jalan-jalan berdekatan masjid seperti Kandahar street, Baghdad street, Arab street dan Bussorah Street masih diabadikan sebagai bagian sejaran Singapura. 
 Masjid ini cukup banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai negara. Di depan Masjid Sultan merupakan kawasan Arab street yang banyak menjajakan suvenir dan makanan halal. Menu favorit penulis adalah nasi beriyani dengan kari kambing yang terasa lezat di lidah.
 Foto rumah makan halal di depan masjid Sultan
Bagaimana cara Kesana
Untuk ke masjid Sultan dapat menggunakan berbagai moda transportasi seperti Taxi, bus, ataupun MRT. Stasiun MRT terdekat dengan Masji Sultan adalah stasiun Bugis. Dari stasiun bugis ke Masjid Sultan dapat ditempuh dengan berjalan kaki dengan jarak sekitar 1 km.




No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');