Sunday 14 July 2013

PULAU SANTOSA (SENTOSA ISLAND), SINGAPURA

ENGLISH/INDONESIAN

Pulau Santosa atau Santosa Island terletak di pulau Santosa, Singapura. Pulau Santosa merupakan pulau tersendiri yang terpisah dari pulau utama Singapura.

Lihat Pulau Santosa atau Santosa Island di peta yang lebih besar

Pulau Santosa merupakan tempat wisata yang memiliki konsep seperti Taman Ancol di Jakarta, di mana tiket masuknya sangat murah yaitu hanya 1 dolar singapura (SGD). Di dalam pulau Sentosa terdapat berbagai macam wahana baik yang berupa permainan maupun wahana pendidikan. Di dalam pulau Sentosa juga terdapat taman rekreasi Universal Studio. Namun untuk  menikmati wahana tersebut ataupun masuk ke taman rekreasi Universal Studio akan dikenakan biaya tambahan yang harganya terbilang mahal untuk ukuran kantong Indonesia.
Namun demikian kita masih dapat menikmati taman-taman yang ada di pulau sentosa secara gratis. Selain itu di pulau Sentosa juga terdapat pantai yang dapat dimasuki tanpa dipungut biaya lagi. Pantainya cukup indah berpasir putih dengan butiran pasir yang halus.
Di dalam pulau Sentosa tersedia berbagai fasilitas seperti, rumah makan, kedai suvenir, toilet dan lain-lain. Namun sayangnya tidak tersedia fasilitas mushalah di pulau Sentosa. Penulis sendiri menggunakan ruang nursery (ruang perawatan bayi) untuk shalat. Nursery room terdapat di sekitar toilet pujasera malaysian street. 

Bagaimana Cara ke pulau Sentosa
Pulau Sentosa dapat diakses dengan beberapa cara. Stasiun MRT terdekat adalah Harbour Front.
Berjalan Kaki
Dari stasiun Harbour front dapat berjalan kaki ke pulau Sentosa dengan jarak sekitar 1,6 km. Jika anda berjalan kaki maka anda cukup membayar tiket masuk ke pulau sentosa sebesar 1 SGD.
Anda dapat berjalan di boardwalk sepanjang sekitar setengah kilometer. Sambil berjalan, anda dapat menikmati pemandangan laut di sebelahnya. di broadwalk disediakan juga travelator (ban berjalan). Untuk sampai ke Sentosa Boardwalk anda harus ke VivoCity terlebih dahulu. Setelah sampai, cari pintu keluar VivoCity yang pintunya menghadap ke laut.
Naik Monorel
Cara lain adalah anda dapat naik dari stasiun MRT Harbour front ke mal vivo city di lantai 3 selanjutnya menggunakan monorel ke pulau Sentosa. Tiket monorel ini 4 SGD ke pulau Sentosa dan sudah termasuk tiket masuk pulau Sentosa sebesar 1 SGD. Di dalam pulau sentosa terdapat tiga stasiun monorel yaitu stasiun Water front, stasiun Imbia, dan stasiun beach, anda dapat turun di salah satu stasiun tersebut. Selama di dalam pulau Sentosa anda dapat menggunakan atau berpindah dari satu stasiun ke stasiun lainnya tanpa di pungut biaya lagi.
Naik Bus
Dari VivoCity, carilah pintu keluar yang menghadap jalan raya. Ikuti petunjuk yang bertuliskan Bus.
Tunggu di halte depan VivoCity, antri di jalur yang tujuannya ke pulau Sentosa. Kemudian naik bus RWS8 yang tujuannya ke Resort World Sentosa. Harga tiket bus adalah $2 (sudah termasuk tiket masuk ke pulau sentosa).
Naik USS Shuttle Bus – Gratis
Anda bisa menggunakan shuttle bus untuk turis. Fasilitas ini disediakan untuk turis, dengan menunjukkan paspor dan form kedatangan.
Ada dua jalur yang dilewati yaitu rute Orchard, dan rute Marina.
Untuk rute Orchard melewati beberapa hotel yaitu: Hotel Concorde, Mandarin Orchard, Grand Hyatt, Sangri-La Hotel, Orchard Hotel.
Untuk rute Marina, melewati beberapa hotel yaitu: Summerview Hotel, Carlton Hotel, SwissĂ´tel The Stamford, Marina Mandarin, Marina Bay Sands.
Kunjungi hotel tersebut, dan tanyakan kapan shuttle bus ke RWS lewat. Jangan lupa siapkan paspor dan formulir kedatangan anda.
Naik kereta Gantung
Singapore Cable Car atau Kereta Gantung Singapura adalah gondola yang menghubungkan Mount Faber, Harbour Front, dan Pulau Sentosa. Hampir seluruh dinding kereta gantung ini adalah kaca, sehingga anda bisa dengan leluasa melihat pulau Singapura dari ketinggian. Anda bisa melihat gedung-gedung bertingkat, Singapore River, laut, dll.
ada dua macam cable car yang ditawarkan : VVIP dengan 4 tempat duduk dan yang biasa dengan 8 tempat duduk. Harga tiketnya untuk dewasa S$ 24 (sekali jalan) dan S$ 26 (Pulang Pergi) dengan jam operasi 08.30 am – 10.00 pm.
Stasiun Cable Car di Harbour Front Tower 2 sangatlah mudah, cukup jalan kaki dengan mengikuti petunjuk arah yang banyak bertebaran diantara kedua gedung tersebut. Tiket dapat dibeli di lantai dasar Harbour Front Tower 2 sedangkan terminalnya berada di lantai 5 gedung yang sama. Selain dari Harbour Front Tower kita dapat naik kereta gantung ini dari Mount Faber , satu stasiun sebelum Harbour Front. Kereta gantung ini akan membawa kita ke Imbiah Lookout di Sentosa.

No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');