Wednesday 29 January 2014

RUMAH MAKAN KALEDO STEREO, PALU

Rumah makan Kaledo Stereo, Palu terletak di Jalan Diponegoro No.40, kecamatan Palu Barat, kota Palu, propinsi Sulawesi tengah.

Lihat Rumah makan Kaledo Stereo, Palu di peta yang lebih besar
Kaledo adalah makanan khas Sulawesi tengah. Kaledo adalah singkatan dari "kaki lembu donggala. Karena makannya harus pakai dua tangan dipegang di tulang makanya namanya stereo bukan mono. Potongan daging kaki sapi disajikan beserta tulang-tulangnya. Makanya memakannya harus memegang tulang untuk kemudian dicuili daging-daging yang menempel di tulang. Kaledo disantap berdampingan dengan nasi putih hangat. Jeruk nipis diberikan sebagai tambahan kuah sup. Daging kaledo sangat empuk serta yang tak kalah membuat nikmat adalah kuah sup. Kuahnya sangat segar dengan rasa dominan asam dan pedas.
Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan bagian sum-sum. Nah, cara memakan sum-sum lebih unik lagi. Anda akan diberikan sedotan untuk menyeruput daging sum-sum yang ada di dalam tulang. Sruup... sruup... nikmat sekali. Namun jika tak mau berepot-repot menyantap kaledo dari tulangnya, rumah makan juga menyediakan daging kaledo yang telah dipotong-potong. Menurut Arni, biasanya daging kaledo potong disajikan untuk anak-anak.
Rumah makan kaledo Stereo buka mulai jam 09.00 sampai 22.00. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi kaledo adalah Rp 50.000. Sedangkan untuk daging kaledo potong seharga Rp 25.000. Rumah makan kaledo Stereo dilengkapi fasilitas kipas angin. Tidak ada AC di rumah makan tersebut.





1 comment:

;nnpz','_tapgmz');