Tuesday, 28 January 2014

MASJID TERAPUNG ARKAM BABU RAHMAN, PALU

ENGLISH/INDONESIAN

Masjid Apung Arkam Babu Rahman, Palu terletak di jalan Rono, kecamatan Palu barat, kota Palu, Propinsi Sulawesi Tengah. Masjid Apung Arkam Babu Rahman, Palu ini juga berada pada kawasan pantai Ria, Palu.


Lihat Masjid Apung Arkam Babu Rahman, Palu di peta yang lebih besar

Masjid Apung Arkam Babu Rahman, Palu  sebenarnya tidak benar-benar terapung. letaknya yang berada di atas air laut sekitar 30 meter dari bibir pantai dengan di topang tiang-tiang penyangga menyebabkan Masjid ini disebut masjid terapung. Dari pantai ke Masjid dihubungkan oleh sebuah jembatan khusus untuk pejalan kaki.

Masjid Apung Arkam Babu Rahman, Palu mampu menampung sekitar 150 orang dan memiliki luas 121 meter persegi  . Masjid ini dibangun untuk mengenang Dato Karama, salah satu penyebar agama Islam di Kota Palu pada abad ke-17. masjid terapung di Palu ini dibiayai sendiri oleh Muhammad Hasan Bajamal, pengusaha sukses yang memiliki sejumlah pom bensin di Kota Palu.

Masjid Apung Arkam Babu Rahman, Palu memiliki satu kubah besar dengan empat buah kubah yang lebih kecil di setiap sudutnya. Masjid Apung Arkam Babu Rahman, Palu  didominasi warna kecoklatan dan sangat indah.
Masjid Apung Arkam Babu Rahman, Palu lokasinya berdekatan dengan Jembatan Palu IV yang juga merupakan ikon kota palu dan Taman Pantai Talise.

No comments:

Post a Comment