Thursday 10 July 2014

TEPIAN SUNGAI SEGAH, TANJUNG REDEB, BERAU, KALIMANTAN TIMUR

ENGLISH/INDONESIAN
Pulau Kalimantan memiliki banyak sungai-sungai yang berukuran sangat besar. Adanya sungai-sungai yang sangat besar ini dimanfaatkan sebagai sarana transportasi sungai yang menghubungkan satu kota dengan kota lainnya baik dalam kabupaten, antar kabupaten atau antar propinsi. Tidak hanya kapal-kapal kecil yang dapat melintasi sungai tersebut, namun juga kapal-kapal berukuran besar kelas antar pulau.


Selain dimanfaatkan sebagai sarana transportasi sungai-sungai tersebut dapat juga dimanfaatkan sebagai sarana olagraga air seperti dayung, speed oat dan lain-lain. Manfaat lain yang tak kalah penting adalah sebagai sarana wisata. Baik wisata menyusuri sungai dengan kapal atau perahu, juga menyusuri sepanjang sisi sungai dengan berjalan kaki atau taman-taman di sisi sungai.


Lihat TEPIAN SUNGAI SEGAH, TANJUNG REDE di peta yang lebih besar
Salah satu kota yang dilalui Sungai besar adalah kota Tanjung Redeb, di kabupaten Berau, di propinsi Kalimantan Timur. Kota ini dilalui sungai Segah yang cukup besar. Salah satu bagian kota Tanjung Redeb yang dilalui sungai Segah adalah di sepanjang jalan Pulau Derawan dan jalan Pulau sambit.
Berjalan kaki menyusuri jalan tersebut sungguh mengasyikan. Pemandangan sungai segah yang indah, trotoar yang lebar dan bersih membuat suasana semakin nyaman. Sayangnya pepohonan sepanjang jalan tersebut masih belum terlalu besar sehingga pada saat siang hari akan terasa sangat panas.
Waktu yang baik untuk berjalan-jalan di tepian sungai tersebut adalah sore hari dan malam hari. Tidak perlu khawatir kegelapan berjalan di malam hari, karena lampu-lampu jalan tersedia memadai. Lampu-lampu jalan tersebut selain menerangi jalan juga menerangi sungai.
Banyak Warga beranjangsana ke tepian sungai Segah ini di malam hari. Untuk urusan kuliner juga tidak perlu khawatir karena banyak warung dan rumah makan di sepanjang jalan tersebut.




No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');