Friday, 23 January 2015

DANAU RAWA PENING, KABUPATEN SEMARANG, JAWA TENGAH

ENGLISH/INDONESIAN

Rawa Pening berada di dalam wilayah administratif kabupatenSemarang Jawa Tengah. Danau Rawa pening menjadi batas wilayah 4 kecamatan yaitu kecamatan Tuntang, kecamatan Banyubiru, kecamatan Ambarawa dan kecamatan Bawen seperti terlihat pada peta administratif kabupaten Semarang berikut ini.

Peta Lokasi Danau Rawa Pening

Danau Rawa Pening memiliki luas 2.670 hektare. Danau Rawa Pening terletak di cekungan atau lembah dari Empat gunung yaitu Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, gunung Kendil dan Gunung Ungaran. Danau Rawa pening merupakan muara dari sungai Tuntang. Danau ini mengalami pendangkalan yang pesat. Pernah terjadi hampir seluruh permukaan rawa ini tertutup eceng gondok. Gulma ini juga sudah menutupi Sungai Tuntang, terutama di bagian hulu. Usaha mengatasi spesies invasif ini dilakukan dengan melakukan pembersihan serta pelatihan pemanfaatan eceng gondok sebagai kerajinan

Ada beberapa tempat wisata di sekitar danau Rawa Pening diantaranya yaitu tempat wisata Bukit Cinta di kecamatan Banyu Biru, tempat wisata Kampung Rawa di kecamatan Ambarawa dan Rawa Permai di kecamatan Tuntang. Namun jika anda sekedar ingin melihat sepintas Danau Rawa Pening, Danau ini dapat dilihat di jalan raya Salatiga - Tuntang, Jalan Ambarawa Tuntang, Jalan Raya Banyu Biru dan Jalan Muncul Raya.

Lokasi Danau rawa pening yang berada pada ketinggian sekitar 464 m membuat suasana di sekitar danau cukup sejuk. Lokasinya yang dikelilingi pegunungan juga membuat pemandangan Danau Rawa Pening Sangat Indah.



Kampung Rawa
Tempat wisata Kampung Rawa berlokasi di kecamatan Ambarawa.
Alamat       :  jalan lingkar selatan Ambarawa km 3, Ambarawa, kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Telephone  : (0298) 6170125.
email          :
websites      : http://www.kampoengrawa.com/
Fasilitas Kampung Rawa
1. Rumah Makan Apung
Wisatawan dapat menikmati santapan menu istimewa bersama keluarga, dengan sensasi pondok-pondok yang terapung diatas Danau Rawapening dan pemandangan alam yang eksotik serta udara yang sejuk. Menu istimewa adalah produk asli Danau Rawapening yang dipanen dari puluhan keramba nelayan yang berada di Danau Rawapening seperti Nila, Gurami, Lele, dll serta aneka hidangan dari daerah lain khas Indonesia .
2. Hall/Aula
3. Rumah Joglo yang dapat dipakai untuk acara-acara besar seperti Wedding Party
4. Wahana Wisata Keluarga
ATV, JetSky, Perahu karet, Perahu Kayu, Perahu Motor, Bebek Air, Becak Air, Becak Mini Bendi.
Tiket terusan di wahana permainan di Kampoeng Rawa.
- Harga tiket terusan Wahana Permainan hari biasa Rp 90.000,-/paket/orang
- Harga tiket terusan Wahana Permainan Hari Minggu / Libur Rp 100.000,-/paket/orang
Sumber foto : http://www.kampoengrawa.com/
Bukit Cinta Banyubiru
Bukit Cinta terletak di wilayah desa Kebondowo, kecamatan Banyubiru, kabupaten Semarang, propinsi Jawa Tengah.

Fasilitas :
  • Tempat parkir yang luas
  • Patung mulut Naga yang berisi koleksi aneka reptil dan ikan
  • Kios-kios souvenir dan aneka makanan hasil tangkapan dari Danau Rawa pening seperti ikan gurame, nila, lele, udang dan makanan lainnya
  • Temapat bermain anak dilengkapi dengan ayunan, prosotan dan lain-lain
  • Taman-taman yang teduh
  • Penyewaan perahu bermotor
 


Rawa Permai Tuntang
Tempat wisata Rawa Permai Danau Rawa Pening ini letaknya berada di desa Lopait, kecamatan Tuntang, kabupaten Semarang, propinsi Jawa tengah. Taman wisata ini sangat mudah diakses karena terletak di tepi jalan Raya Semarang - Solo.

Fasilitas
  • panorama rawa yang dipadukan dengan wisata kenangan tempo dulu
  • Tempat bermain anak-anak  
  • Arena permainan, kuda, bendi wisata
  • Kolam pancing
  • Kolam renang
  • Diorama goa legenda baru klinthing
  • Rumah makan lesehan
  • Pasar kriya Jawa Tengah yang merupakan Pusat penjualan berbagai kerajinan yang berada di seberang Rawa Permai.






1 comment: