Sunday, 15 February 2015

PASAR GAMALAMA, TERNATE, MALUKU UTARA

ENGLISH/INDONESIAN

Pasar Gamalama, Ternate terletak di jalan Nukila, kota Ternate, propinsi Maluku Utara.
Telepon :
Fax         :
Email     :
Websites :


Peta lokasi Pasar Gamalama, Ternate

Pasar Gamalama, Ternate dibangun tahun 1970 an. Konsepnya mengikuti pasar Senen Jakarta sebanyak dua lantai. Pada saat itu Pasar Gamalama, Ternate merupakan pasar termegah di kota Ternate. Pada awalanya pasar sayur dan pasar ikan di bagian belakang, di depan ditempati pedagang pakaian, di lantai atas ditempati tukang jahit dan tukang pangkas rambut.
 Saat ini Pasar Gamalama, Ternate merupakan pusat penjualan batu akik di Ternate. Berbagai macam dan jenis batu akik di jual di sana. Baik yang sudah dalam bentuk jadi batu cincin atau yang masih dalam bentuk bongkahan. Asal batu akik yang dijualpun bermacam-macam ada yang berasal dari Pulau Bacan (Batu Bacan) yang sangat terkenal dan dari berbagai pelosok lainnya.


 Harga jual batu akik di Pasar Gamalama, Ternate sangat bervariasi. Ada yang harganya hanya kisaran beberapa puluh ribu rupiah ada juga yang harganya hingga jutaan rupiah per buahnya. Jika anda berniat membeli batu bongkahan di Pasar Gamalama, Ternate tersedia juga kios yang menyediakan jasa memotong batu akik dan membuatnya hingga menjadi batu cincin.


 Selain menjual batu akik, di Pasar Gamalama, Ternate juga masih seperti pasar tradisional lainnya yang juga menjual sayuran, bahan kebutuhan pokok, pakaian dan lain-lain.





No comments:

Post a Comment

nnpz','_tapgmz');