Saturday, 11 April 2015

MASJID RAYA MAMUJU SUADA, SULAWESI BARAT

Masjid Ray \Suada Mamuju terletak di Jalan KH Abdul Wahab Azasi, Ninanga, Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.
Telepon : (0426) 21888
Fax         :
Email     :
Websites :

Peta Lokasi Masjid Raya Mamuju

Masjid Raya Mamuju atau sering juga disebut Masjid Raya Suada merupakan Masjid yang besar, gagah dan indah. Masjid Raya Mamuju memiliki 4 menara setinggi 75 meter serta Kubah masjid yang berjumlah tujuh buah merepresentasikan tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi. Di bawah kubah induk tertera 25 nama nabi dan rasul. Nama-nama ini dibuat dari bahan kaca patri. Untuk menuju ruang ibadah utama, pengunjung harus memiliki tangga yang dilingkup oleh relung tembok. Masjid memiliki 33 anak tangga di tiga penjurunya. Jumlah 99 anak tangga tersebut memberi makna jumlah tasbih.
  Bangunan Masjid Raya Mamuju cukup besar dan dapat menampung lebih dari 3.000 jamaah. Terdapat dua lantai pada bangunan Masjid Raya Mamuju. Lantai pertama digunakan untuk berbagai fasilitas pendukung, seperti perpustakaan, Taman Pendidikan Alquran (TPA), Islamic Centre, tempat wudhu, dan sebagai tempat untuk pelaksanaan acara-acara keagamaan. Sedangkan untuk tempat sholat berjamaah disediakan ruang yang luas di lantai kedua.
  Masjid Raya Mamuju memiliki kaligrafi yang terbuat dari emas murni dengan kandungan 22 karat yang diletakkan di atas mimbar. Kaligrafi yang bertuliskan “Allah” dan “Muhammad” itu memiliki diameter sekitar 170 cm. Selain itu terdapat juga sejumlah kaligrafi lain yang dipasang di bagian plafon masjid. Berbagai ornamen dan bagian-bagian bangunan masjid juga semakin menambah kesan cantik pada masjid ini karena dihiasi dengan cat yang berwarna-warni.
 Pembuatan Masjid Raya Mamuju menelan dana APBD Kabupaten Mamuju tahun 2009 sebesar Rp 1,3 miliar. Adapun mesjidnya sendiri, sejak dibangun pada 2007, juga sudah mendapat kucuran dana dari APBD sebesar Rp 25 miliar. Mesjid ini rampung dan mulai digunakan pada Ramadhan 2009.







No comments:

Post a Comment

nnpz','_tapgmz');