Sunday, 12 April 2015

PANTAI MANAKARA, MAMUJU, SULAWESI BARAT

Pantai Manakara, Mamuju terletak di Jalan Yos Sudarso, kota Mamuju, propinsi Sulawesi Barat.
Telepon : 
Fax         :
Email     :
Websites :
Peta lokasi Pantai Manakara, Mamuju

Pantai Manakara, Mamuju merupakan tempat wisata hasil dari reklamasi pantai (urugan). Pantai Manakara, Mamuju ini letaknya bersebelahan dengan hotel D'Maleo yang lahannya juga merupakan hasil reklamasi pantai. 
 Sejak lama Pantai Manakarra terkenal sebagai “Losarinya” (Pantai Losari Makassar) Kota Mamuju. Hal tersebut tidaklah berlebihan, mengingat Pantai Manakarra betul-betul mempunyai keindahan panorama pantai yang memikat. Pemandangan nan eksotik tersebut bertambah menawan dengan latar belakang Pulau Karampuang yang terhampar di depan mata.


Warga setempat menggunakan pantai Manakara sebagai tempat berkumpul sambil menikmati pemandangan teluk, terutama kaum muda-mudi. Namun demikian banyak juga orang dewasa dan anak-anak serta keluarga yang berkunjung ke pantai Manakara.
 Acara setiap tahun yang diselenggarakan di Pantai Manakarra biasanya diadakan pada Hari Jadi Kota Mamuju dan Hari Kemerdekaan RI pada bulan Agustus. Misalnya pada 2007 lalu, dipantai ini pernah diadakan acara pesta bakar ikan sebanyak 8 Ton ikan segar yang dibakar diatas bara api dengan panjang 4. 300 meter. Dan acara lomba Perahu Sandeq pun juga pernah digelar di pantai ini.


 Pada saat penulis melakukan kunjungan ke Pantai Manakara, Mamuju di bulan febuari 2015 kebetulan saaat itu masih musim hujan. Penulis mendapatkan kondisi Pantai Manakara, Mamuju kurang terawat. Banyak sampah berserakan, rerumputan dibiarkan tinggi, serta beberapa tempat terdapat genangan air dan becek. Sampah-sampah yang berserakan itu juga menimbulkan bau yang kurang sedap. Agar pengunjung merasa nyaman dan betah sebaiknya pemda kota mamuju dapat lebih memperhatikan permasalahan ini, sehingga diharapkan banyak wisatawan yang datang berkunjung. Tidak hanya warga lokal namun juga pendatang dari daerah lain atau bahkan dari Mancanegara.





No comments:

Post a Comment