Tuesday, 5 May 2015

CANDI GEDONG SONGO, BANDUNGAN, JAWA TENGAH

Candi Gedong Songo, Bandungan terletak di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, propinsi Jawa Tengah.
Telepon :
Fax         :
Email     :
Websites :
Peta lokasi Candi Gedong Songo, Bandungan 

Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu. Di kompleks candi ini terdapat sembilan buah candi. Candi Gedong Songo berada di lereng Gunung Ungaran. Letak ke sembilan candi tersebut tersebar di antara ketinggian 1200 an meter hingga 1300 an meter di atas permukaan laut. Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa, “Gedong” berarti rumah atau bangunan, “Songo” berarti sembilan. Jadi Arti kata Gedongsongo adalah sembilan (kelompok) bangunan.
 Candi Gedong Songo  ini diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi). Candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin (berkisar antara 19-27 °C).


Selain wisata Candi, di komplek Candi gedong Singo ini juga menawarkan wisata pegunungan. Lokasinya yang berada pada ketinggian membuat pemandangan di sini sangat luar biasa indah. Di sekitar lokasi juga terdapat hutan pinus yang tertata rapi. Dari komplek Candi Gedong Songo ini anda dapat melihat awan berarak di bawah lokasi ini, sehingga bisa juga disebut negri di atas awan.


Di lokasi komplek Candi Gedong Songo ini juga terdapat kawah atau lubang-lubang yang mengeluarkan asap Belerang. Selain itu juga terdapat mata air panas yang juga mengandung belerang. Para wisatawan dapat mandi dan menghangatkan tubuh disebuah pemandian yang dibangun di dekat kepunden/mata air panas tersebut. Bau belerangnya cukup kuat dan kepulan asapnya lumayan tebal ketika mendekati sumber air panas tersebut. Karena keindahannya Candi Gedong Songo ini sering menjadi tempat yang indah untuk foto foto Pre Wedding.
Tarif masuk komplek Candi gedong Songo sangat murah Yaitu hanya Rp 6.000,-

Berikut daftar jarak tempuh menuju candi ini.
Gedong Songo - Ungaran : 25 km
Gedong Songo - Ambarawa : 15 km
Gedong Songo - Semarang : 45 km

Fasilitas lain diKomplek Candi Gedong Songo
- Bumi Perkemahan
- Kios Makanan dan Souvenir
- Mushalah
- Toilet
- Tempat Parkir
- Sewa Kuda untuk keliling Candi
 


foto by http://www.panoramio.com/user/4665276
foto by http://www.panoramio.com/user/4215279


No comments:

Post a Comment