Wednesday, 3 June 2015

CARA MUDAH DAN MURAH KE GILI TRAWANGAN, GILI AIR DAN GILI MENO LOMBOK

Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air adalah nama tiga buah pulau kecil di bagian barat laut dari pulau Lombok atau sebelah Timur pulau Bali. Keunikan dari ketiga buah pulau tersebut adalah masing-masing pulau dikelilingi oleh pasir putih dan air laut yang sangat jernih. Keunikan lain adalah kendaraan bermotor dilarang beroperasi di pulau tersebut demikian pula dengan anjing juga tidak diperbolehkan. Sebagai ganti kendaraan bermotor digunakan cidomo sebagai alat angkutan di pulau yaitu sejenis delman yang ditarik kuda. Untuk keliling pulau dapat juga menggunakan sepeda.
Pasir putih dan jernihnya air laut tersebut membuat ketiga pulau itu menjadi tempat tujuan wisata yang sangat terkenal terutama untuk wisata pantai, snorkeling atau menyelam. Selain itu terdapat pula tempat penangkaran penyu.

Bagaimana Cara menikmati Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air dengan cara murah
Cara Paling Mudah dan Murah adalah menyeberang ke Gili Trawangan dari pelabuhan Bangsal di kabupaten Lombok Utara.
Tarif penyeberangan
Bangsal - Gili Trawangan = 15 ribu rupiah
Bangsal - Gili Meno = 13 ribu rupiah
Bangsal - Gili Air = 12 ribu rupiah
Waktu penyeberangan
Setiap hari jam 07:00 s/d 17:00.
Kapal Fery akan berangkat saat jumlah penumpang sudah penuh sekitar 40 orang.


Untuk menikmati ke tiga Gili tersebut dengan cara murah sebaiknya anda menyeberang ke Gili Trawangan saja. Di Gili Trawangan ada paket publik tour ke empat spot snorkling/diving di Gili Trawangan , Gili Air dan Gili Meno. Untuk ikut paket publik tour ini per orang dikenakan biaya Rp 120.000 s/d 150.000. Lama tour sekitar 8 jam start paling lambat jam 10:00. Seperti penyeberangan publik tour ini keberangkatannya juga menunggu kapal penuh.

Jika anda memiliki budget dan waktu terbatas anda juga bisa menikmati berenang atau snorkling di Gili Trawangan saja. Spot snorkling terdekat adalah dari pelabuhan penyeberangan Gili trawangan berjalan kaki ke arah kanan sekitar 500 m. Setelah lokasi penangkaran penyu kira-kira 50 m disitulah tempat snorkling terdekat dan termurah.

Jika anda Snorkling di sini akan lebih menyenangkan jika anda membawa remah-remah roti atau snack pada saat sorkling. Karena ikan-ikan akan mengerubuti anda untuk memperebutkan remah-remah roti/snack tersebut. Selain berbagai macam ikan dengan berbagai warna-warni dan ukuran di lokasi ini juga banyak terdapat penyu.

 Di lokasi ini banyak disewakan perelngkapan snorkling satu set terdiri dari kacamata snorkling, pelampung dan sepatu katak dengan harga sewa per alat Rp 25.0000. Anda dapat menyewa per item atau lengkap satu set.



Di sepanjang pantai Gili trawangan banyak terdapat kios-kios yang menjajakan makanan ataupun souvenir. Untuk harga yang dijajakan relatif mahal atau harga bule. Jika anda menggunakan saung cafe yang ada namun anda hanya membeli sedikikit makanan/minuman maka anda akan dikenakan biaya sewa saung atau tenda sebesar Rp 50.000,-

Untuk tempat bilas atau kamar kecil umum terdapat didepan masjid dengan biaya Rp 5.000,-

Bagaimana Cara ke Pelabuhan Bangsal
Pada pembahasan ini hanya di bahas setelah anda berada di lombok saja. Pelabuhan bangsaldapat di akses dengan menggunakan kendaraan pribadi, sewa kendaraan, taksi atau angkutan umum.
Jika anda bermaksud menggunakan taksi anda dapat naik dari sekitar pantai Senggigi yang banyak mangkal di sana. Anda dapat juga langsung naik taksi dari kota jika kebetulan lewat atau menelpon taksi untuk melakukan pemesanan. Alamat dan nomor telpon taksi di mataram dapat klik disini.

Jika anda bermaksud menggunakan angkutan umum/bus maka anda harus ke terminal Mandalika. Dari sini anda naik bus menuju terminal Bangsal. Dari Treminal Bangsal ke pelabuhan penyeberangan bangsal berjarak sekitar 650 m.


Jika anda dari Bandara Lombok International anda dapat menggunakan bis Damri ke terminal Mandalika dengan Tarif Rp 20.000,-. Anda juga dapat menggunakan bis Damri dari Bandara ke pantai senggigi dengan Tarif Rp 25.000,-


Peta Lokasi Pelabuhan Bangsal, Lombok Utara

Pelabuhan Bangsal

Jika anda rombongan 3 atau 4 orang, menggunakan taksi mungkin lebih efisien dan praktis.

Happy Travel

No comments:

Post a Comment