Monday 30 January 2017

MASJID RAYA AL KAUTSAR, KENDARI

Masjid Raya Al Kautsar Kendari terletak di jalan Jl. Drs . H Abdullah Silondae, Mandonga, Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.
Telepon      :
Fax             :
Websites     :
Email         :

Peta Lokasi Masjid Al Kautsar Kendari

Masjid Raya Al Kautsar Kendari dibangun dalam rangka diselenggarakannya Musabaqoh Tilawatil Quran tingkat nasional yang ke-21 tahun 2006. Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah dan budaya Islam Sultra. Masjid ini resminya bernama Masjid Al-Kautsar, nama tersebut dipilih karena sangat kaya makna. Al-Kautsar merupakan surat ke-108 dalam kitab suci Al-Quran yang berarti pemberian nikmat yang berlimpah kepada umat manusia.


Masjid Raya Al Kautsar Kendari merupakan sebuah masjid yang Megah dan indah. Posisinya yang berada di atas bukit membuat masjid ini terlihat sangat memukau. Masjid ini juga merupakan saksi bisu bencana alam yang sempat melanda kota Kendari pada tanggal 25 April 2011. Ketika itu, gempa berkekuatan 6.0 Skala Richter mengguncang kota dan membuat salah satu kubah kecil yang berada di atas masjid menjadi miring.

Masjid Raya Al Kautsar Kendari  didominasi warna putih hijau dan coklat didirikan dengan sentuhan arsitektur yang sangat indah. Sebuah tangga modern bercabang dua di bagian atas menyambut kedatangan siapa saja yang masuk masjid. Pada sisi kanan dan kiri bangunan terdapat pilar-pilar beton yang megah dan kokoh. Pada bagian lain masjid terdapat hamparan luas tempat jemaah berkumpul untuk beribadah.


Masjid Raya Al Kautsar Kendari bergaya rumah tradisional Sultra dengan sentuhan modern. Di samping masjid ini terdapat Menara yang dinamakan Menara Persatuan Kendari. Menara masjid ini juga menjadi salah satu landmark bagi kota Kendari. Selain itu terdapat Empat buah menara yang terdapat pada tiap sudut bangunan masjid. Kubah besar dari beton menambah kegagahan masjid tersebut.


Data Masjid Raya Al Kautsar Kendarai
Luas Tanah                : 30.000 m2
Status Tanah                : Wakaf
Luas Bangunan        : 2.475 m2
Tahun Berdiri                : 1982
Daya Tampung Jamaah : 7.000
No Telp/Faks                : 812.196.116.990 / -

Fasilitas                        : Parkir, Taman, Gudang, Tempat Penitipan Sepatu/Sandal, Ruang
                                                Belajar (TPA/Madrasah), Aula Serba Guna, Perlengkapan Pengurusan
                                                Jenazah, Mobil Ambulance, Perpustakaan, Kantor Sekretariat,
                                                Penyejuk Udara/AC, Sound System dan Multimedia, Pembangkit
                                                Listrik/Genset, Kamar Mandi/WC, Tempat Wudhu, Sarana Ibadah

 Kegiatan                        : Pemberdayaan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf, Menyelenggarakan
                                                kegiatan pendidikan (TPA, Madrasah, Pusat Kegiatan Belajar                                                                 Masyarakat), Menyelenggarakan kegiatan sosial ekonomi (koperasi                                                       masjid), Menyelenggarakan Pengajian Rutin, Menyelenggarakan                                                           Dakwah Islam/Tabliq Akbar, Menyelenggarakan Kegiatan Hari Besar                                                   Islam, Menyelenggarakan Sholat Jumat, Menyelenggarakan Ibadah                                                       Sholat Fardhu
Jumlah Pengurus : 40


No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');