Tuesday 7 February 2017

MASJID JAMIK PANGKALPINANG

Masjid Jamik Pangkalpinang terletak di Jalan Masjid Jamik, kelurahan Masjid Jamik, kecamatan Rangkui, kota Pangkalpinang, propinsi Bangka Belitung 33684



Peta Lokasi Masjid Jamik Pangkalpinang

Masjid Jamik Pangkalpinang, merupakan salah satu masjid tertua dan terbesar di kota Pangkalpinang, Masjid ini dibangun pada tanggal 3 Syawal 1355 H atau bertepatan dengan tanggal 18 Desember 1936 M.



Masjid Jamik Pangkal pinang dibangun di atas tanah seluas 5.662 m2. Masjid ini memiliki 3 lantai, dengan lantai pertama digunakan untuk bersembahyang yang mampu menampung 2.000 jamaah. Lantai kedua dipergunakan untuk perpustakaan dan untuk menyimpan benda lain, serta lantai ketiga digunakan oleh muazzin untuk mengumandangkan azan.



Masjid Jamik Pangkalpinang didirikan oleh penduduk Kampung Dalam dan Kampung Tengah Tuatunu yang pindah ke wilayah Pangkalpinang dan mendirikan kampung dengan nama atau toponim yang sama dengan kampung asalnya di Tuatunu yaitu Kampung Tengah dan Kampung Dalam.

Bentuk fisik awal masjid semi permanen, berlantai semen berdinding papan, beratap genteng, bila dilihat dari atas berbentuk seperti piramida. Bangunannya bertingkat tiga, pada bagian bawah dipergunakan untuk sholat dan pengajian. Di bagian tingkat tengah berfungsi sebagai tempat menyimpan kitab-kitab kuning, buku-buku agama, tikar dan alat perlengkapan masjid lainnya, sedangkan di bagian tingkatan atas berfungsi sebagai menara untuk Muazin mengumandangkan azan


Masjid Jamik Pangkalpinang direnovasi Pada tahun 1950-1954 M, dengan dana partisipasi dari masyarakat di pulau Bangka dan menurut catatan, Wakil Presiden RI, Drs. Mohammad Hatta ikut menyumbang sebesar Rp. 1.000,- (seribu rupiah). Pada tahun 1955-1961 Masehi, renovasi dilanjutkan untuk penyelesaian akhir bangunan masjid dan pembangunan menara masjid setinggi 23 meter.

No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');