Tuesday, 28 February 2017

KEINDAHAN PANTAI TURUN ABAN, SUNGAI LIAT

Pantai Turun Aban terletak di Kelurahan Matras, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka (Induk), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pantai Turun Aban merupakan salah satu dari deretan pantai wisata di Sungai liat. lokasinya berurutan dengan pantai Parai, pantai Teluk Limau dan Pantai Matras.


Peta Lokasi Pantai Turun Aban, Sungai Liat

Keistimewaan Pantai turun Aban, sungai Liat adalah lokasinya yang relatif tidak terlalu ramai, sehingga kondisi pantai terlihat bersih. Pantainya sendiri tidak terlalu panjang, memiliki pasir putih dan di apit batu-batu granit besar-besar. Jika naik ke atas batu granit raksasa, maka kita dapat melihat pemandangan sekililingnya, termasuk pantai matras yang terkenal panjang dan sebagian pantai Parai.


Info yang ada pantai Turun Aban baik untuk Snorkling karena pantainya yang dangkal dan airnya jernih. Namun Kondisi air laut sendiri pada saat itu terlihat kecoklatan, mungkin karena kondisi musim hujan. Info lain kondisi air laut yang keruh tersebut disebabkan karena penambangan timah di laut.


Jalan masuk ke pantai Turun Aban hampir tidak kelihatan, hanya ada papan kecil penunjuk jalan ke pantai. Kondisi jalannya sendiri masih berupa jalan tanah. Di pantai turun Aban terdapat bilik-bilik untuk berganti pakaian. Namun tidak tersedia air untuk bilas. Beberapa saung pedagang tersedia di pantai tersebut. Tempat pakir tersedia cukup luas.


Sebelum memasuki kawasan pantai Tuturun Aban / pantai Matras terdapat pos retribusi. Pos tersebut dijaga oleh beberapa pemuda. Setiap kendaraan atau pengunjung yang melalui pos tersebut dikenakan retribusi, namun tarifnya relatif murah.

No comments:

Post a Comment

nnpz','_tapgmz');