Sunday 7 October 2018

INDAHNYA SUNSET DI CANDI RATU BOKO, PRAMBANAN, YOGYAKARTA

Candi Ratu Boko terletak di desa Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berlokasi di atas sebuah bukit dengan ketinggian ± 195.97 m diatas permukaan laut.
telepon    : 024 8646 2345
fax           :
websites   : http://borobudurpark.com/temple/ratu-boko/
email        : info@borobudurpark.co.id



Peta lokasi Candi Ratu Boko

Situs Ratu Boko sebenarnya bukan sebuah candi, melainkan sisa-sisa reruntuhan sebuah kerajaan. Oleh karena itu, Candi Ratu Boko sering disebut juga Kraton Ratu Boko. Disebut Kraton Boko, karena menurut legenda situs tersebut merupakan istana Ratu Boko, ayah Lara Jonggrang. Diperkirakan situs Ratu Boko dibangun pada abad ke-8 oleh Wangsa Syailendra yang beragama Buddha, namun kemudian diambil alih oleh raja-raja Mataram Hindu. Peralihan ‘pemilik’ tersebut menyebabkan bangunan Kraton Boko dipengaruhi oleh Hinduisme dan Buddhisme.


Foto 360* Candi Ratu Boko

Kraton Ratu Boko yang menempati lahan yang cukup luas tersebut terdiri atas beberapa kelompok bangunan. Sebagian besar di antaranya saat ini hanya berupa reruntuhan. Diantaranya adalah 

Gerbang 

Gerbang masuk ke kawasan wisata Ratu Boko terletak di sisi barat. Kelompok gerbang ini terletak di tempat yang cukup tinggi, sehingga dari tempat parkir kendaraan, orang harus melalui jalan menanjak sejauh sekitar 100 m. Pintu masuk terdiri atas dua gerbang, yaitu gerbang luar dan gerbang dalam. Gerbang dalam, yang ukurannya lebih besar merupakan gerbang utama.
Candi Batukapur

Sekitar 45 m dari gerbang pertama, ke arah timur laut, terdapat fondasi berukuran 5×5 m2 yang dibangun dari batu kapur. Diperkirakan bahwa dinding dan atap bangunan aslinya tidak terbuat dari batu, melainkan dari bahan lain yang mudah rusak, seperti kayu dan sirap atau genteng biasa.
Candi PemBokoran

Candi pemBokoran berbentuk teras tanah berundak setinggi 3 m. Letaknya sekitar 37 m ke arah timur laut dari gerbang utama. Bangunan ini berdenah dasar bujur sangkar dengan luas 26 m2.

Paseban

Paseban merupakan kata dalam bahasa Jawa yang berarti tempat untuk menghadap raja (seba = menghadap).

Pendapa
Dalam bahasa Jawa, pendapa berarti ruang tamu atau hamparan lantai beratap yang umumnya terletak di bagian depan rumah.

Keputren
Keputren yang artinya tempat tinggal para putri letaknya di timur pendapa

Waktu terrbaik mengunjungi candi ratu boko adalah sore hari. Udara tidak terlalu panas dan kita dapat menunggu waktu untuk menikmati indahnya matahari terbenam dari ketinggian serta pemandangan desa-desa di sekitarnya.
 Tarif wisatawan nusantara per orang untuk sekali masuk

TW Ratu Boko

Usia 10 tahun keatas: Rp  40.000
Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 20.000
Termasuk premi asuransi Rp 500 per orang

Tarif khusus wisatawan nusantara bagi rombongan pelajar serta mahasiswa per grup setiap kali masuk* (dengan surat pengantar dari sekolah/universitas)

Tarif >20 orang

TW Ratu Boko: Rp 20.000
Termasuk premi asuransi Rp 500 per orang

Paket Terusan

Ratu Boko – Prambanan (fasilitas shuttle di Prambanan dan Ratu Boko)

Usia 10 tahun keatas: Rp  75.000
Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 35.000
Ratu Boko – Borobudur

Usia 10 tahun keatas: Rp 75.000
Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 35.000
Ratu Boko – Ramayana (ramayana kelas II)

Usia 10 tahun keatas: Rp 150.000
Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 135.000








No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');