Saturday 4 February 2012

DANAU MANINJAU, SUMATRA BARAT

ENGLISH/INDONESIAN

ENGLISH/INDONESIA

Danau Maninjau terletak di kecamatan Tanjung Raya, kabupaten Agam, propinsi Sumatra Barat. Danau Maninjau merupakan danau terbesar kedua di propinsi Sumatra Barat setelah danau Singkarak.
Lihat Peta lokasi DANAU MANINJAU, SUMATRA BARAT di peta yang lebih besar
Luas danau Maninjau sekitar 99,5 km2 dengan rata-rata panjang sekitar 15,5 km dan lebar 5 km.Danau Maninjau terletak pada ketinggian 462 m di atas permukaan laut, hal tersebut membuat uadara disekitar danau terasa sejuk dan segar. Dikelilingi oleh perbukitan dari pegunungan bukit barisan, membuat pemandangan disekitar danau maninjau menjadi sangat indah.

Selain dimanfaatkan sebagai obyek wisata danau maninjau juga dimanfaatkan untuk budidaya ikan. Danau Maninjau merupakan sumber air untuk sungai bernama Batang Sri Antokan. Di salah satu bagian danau yang merupakan hulu dari Batang Sri Antokan terdapat PLTA Maninjau. Puncak tertinggi diperbukitan sekitar Danau Maninjau dikenal dengan nama Puncak Lawang dengan ketinggian 1200m. Puncak Lawang ini sering digunakan sebagai tempat take off untuk olahraga paralayang. Dari Puncak Lawang ini kita dapat melihat danau Maninjau maupun Samudra Indonesia.
Olahraga Paralayang dari bukit lawang dengan latar belakang danau Maninjau
PLTA Maninjau
Bagaimana cara Menuuju Danau Maninjau
Danau Maninjau terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam. Untuk bisa mencapai Danau Maninjau jika dari arah Bukittinggi maka akan melewati jalan berkelok-kelok yang dikenal dengan Kelok 44 sepanjang kurang lebih 10 km mulai dari Ambun Pagi sampai ke Maninjau. Rute lain dari padang adalah melalui Pariaman-Lubuk Basung-Maninjau. Jalan menuju Danau Maninjau terbilang bagus. Disekitar danau Maninjau banyak tersedia hotel baik berbintang maupun melati, juga home stay. Juga banyak tersedia fasilitas rumah makan.

1 comment:

  1. Benar2 salah satu kebesaran ALLAH SWT danau ini, sungguh indah...saya bangga dengan kampung halaman saya ini. ^_^

    ReplyDelete

;nnpz','_tapgmz');