Saturday 4 February 2012

DANAU SINGKARAK, DANAU TERBESAR DI SUMATRA BARAT

ENGLISH/INDONESIAN

Danau Singkarak terletak di wilayah kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, propinsi Sumatra Barat. DanaDanau Singkarak merupakan danau terluas di Sumatra Barat dan terluas kedua di Sumatra setelah danau Toba. Luas danau Singkarak mencapai sekitar 129,7 km2 dengan panjang sekitar 20 km dan lebar 6 km.
Lihat Peta Lokasi Danau Singkarak di peta yang lebih besar
Danau Singkarak dengan latar belakang Gunung singgalang
Danau singkarak terletak pada ketinggian sekitar 364 m dan dikelilingi oleh gunung Singgalang, gunung Marapi dan Gunung Lantik, dengan demikian maka pemandangan di danau singkarak sangat indah. Selain indah danau singkarak dapat juga digunakan sebagai sarana olahraga baik di darat maupun di air, seperti jalan santai, jogging, sepeda, bernang, mendayung, memancing dan lain-lain

Danau Singkarak memiliki spesies ikan unik yang hanya hidup di danau ini. Masyarakat setempat menyebutnya “Ikan Bilih” (Mystacoleuseus padangensis).  Setidaknya, saat ini ada 19 jenis ikan, seperti ikan asang, piyek, balingka, baung, dan ikan sasau, yang konon dapat mencapai ukuran berat hingga 8 kilogram.
 
Ikan Bilih yang hanya hidup di danau singkarak
Danau Singkarak merupakan hulu dari sungai/batang Ombilin yang merupakan sumber pengairan yang penting bagi lahan pertanian yang dilalui oleh aliran sungai ini. Air danau ini sebagiannya juga dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik yang dialirkan melewati terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. PLTA Singkarak memiliki empat turbin dengan kapasitas total mencapai 172 MW. Namun karena debit air yang terus menyusut maka kapasitasnya turun menjadi 70 MW. Perlu langkah penyelamatan untuk menjaga kelestarian Danau Singkarak.
Pintu air PLTA Singkarak
Bagaimana Cara ke Danau Singkarak
Jika anda dari kota Padang maka rute terdekat dengan kendaraan adalah lewat Solok. Jaraknya sekitar 85 km. Rute lainnya adalah lewat kota Padang Panjang. Jaraknya sekitar 90 km. Sebaiknya anda pergi dan pulang dengan rute berbeda karena pemandangan disepanjang kedua rute tersebut cukup indah melewati perbukitan dengan jalan berkelok-kelok yang sayang untuk dilewatkan.
Selain itu terdapat juga kereta wisata jalur Padang panjang- Solok-Sawahlunto yang melintasi tepi danau Singkarak.
Jalur Kereta Api di sisi danau Singkarak
Peta lokasi Danau Singkarak

No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');