Sunday, 9 January 2011

ARUNG JERAM DI SUNGAI CITARIK SUKABUMI

ENGLISH/INDONESIA

Rafting termasuk olahraga perairan, dengan menggunakan perahu karet di sungai beraliran deras. Istilah indonesianya sering juga disebut arung jeram. Ada sebuah tempat yang bagus untuk rafting yaitu di daerah/sungai citarik Sukabumi. Citarik terletak sekitar 100 km dari Jakarta. Sungai Citarik berasal dari taman nasional Gunung Halimun dan bermuara di pantai Pelabuhan ratu. 

Bagaimana cara ke sana
Dari Jakarta ambil tol jagorawi dan keluar di gerbang Ciawi lalu ambil arah menuju Sukabumi. Sepanjang perjalanan, anda akan melewati beberapa kota kecil seperti Lido, Cicurug dan Parungkuda. Biasanya akan ada kemacetan di Cicurug. Anda sebaiknya berangkat dari Jakarta pagi-pagi sekali untuk menghindari kemacetan tersebut. Selain itu ada jalan alternatif untuk menghindari kemacetan tersebut, yaitu setelah Lido, anda akan menjumpai Taman Angsa di sebelah kanan jalan. Beberapa meter dari taman angsa ada pertigaan jalan disebelah kiri, disitu terdapat petunjuk jalan bertuliskan jalan alternatif ke Sukabumi. Jalan alternatif tersebut menyeberangi perlintasan kereta api. Ambil jalan tersebut dan ikuti jalan tersebut hingga bertemu jalan utama kembali setelah kota cicurug. Bagi anda yang belum pernah lewat sini jangan ragu-ragu untuk bertanya di setiap persimpangan jalan agar anda tidak tersesat. Setelah pasar tradisional Parung Kuda anda akan menemui rumah makan  Nuansa Kuring. Kurang lebih 100 m kemudian anda akan menjumpai bilboard penunjuk jalan tentang rafting dan arah Cikidang. Belok kanan pada pertigaan tersebut, anda akan melewati perkebunan kelapa sawit dan perkebunan teh hingga sampai Cikidang. Setelah Cikidang anda akan menjumpai jembatan besar sungai Citarik. Disekitar jembatan tersebut terdapat beberapa penyedia jasa rafting.
Peta lokasi Citarik, klik gambar untuk memperbesar
Lihat Peta lokasi  ARUNG JERAM DI SUNGAI CITARIK di peta yang lebih besar

Penyedia jasa Rafting Citarik 
1. Caldera phone +62-21-3901575 http://calderaindonesia.com
Lokasi tepat sebelum jembatan terdapat jalan kecil disebelah kiri, masuklah ke jalan tersebut sekitar 500 m

Fasilitas penginapan, rafting, flying fox, pain ball game, outbond, souvenir




2. Selaras adventure / Kaki Langit phone +62-22-6622023 www.selarasadventureland.com
    Kiara land and rock land Citarik Sukabumi
    fasilitas penginapan, rafting, flying fox, pain ball game, outbond, souvenir


3 Arus Liar +62 81280700700 www.arusliar.co.id
    Lokasi :tepat sebelum jembatan terdapat jalan kecil disebelah kiri, masuklah ke jalan tersebut sekitar 100 m
   fasilitas penginapan, rafting, pain ball game, outbond, offroad, family camp, kayak, cycling, souvenir

4. Cherockee




1 comment:

  1. 12 Maret 2013 kemarin coba rafting sekeluarga di Citarik. Sebelum berangkat browsing dulu untuk tarif rafting. Hasilnya tarif Caldera Rp 230.000 Arus liar Rp 185.000 lainnya Rp 165.000 untuk jarak 5 km. Pagi berangkat dari Jakarta pukul 07:00 tiba di citarik sekitar pukul 10:00. Provider rafting pertama yang didatangi adalah kaki langit. Tarif rafting disini Rp 165.000/orang namun untuk minimal peserta 10 orang. Karena jumlah keluarga cuma 5 orang dan belum booking serta sudah tidak ada peserta lagi yang datang kami pindah ke Selaras. Tarif disini Rp 195.000/orang namun untuk keberangkatan juga harus menunggu peserta lain minimum 10 orang. Karena tidak ada kepastian berapa lama harus menunggu dan disini kelihatan sepi akhirnya pindah ke arus liar. Di arus liar terlihat ramai peserta yang datang dan juga tidak perlu menunggu peserta lain. Karena saat itu debit air rendah maka lima orang diberi dua perahu karet. Jadi deh raftingnya

    ReplyDelete