Sunday 9 January 2011

GUNUNG MAKAWEMBENG

ENGLISH/INDONESIA

Gunung Makawembeng bertempat di kabupaten Minahasa, propinsi sulawesi utara. Lokasinya sekitar 2.5 to 3.5 jam berkendaraan dari Manado. Terdapat dua rute untuk mencapai gunung Makawembeng. Rute pertama adalah  Manado - Tomohon-Tondano- Makawembeng, Rute kedua adalah Manado - Air madidi - Tondano - Makawembeng. Jika anda datang dari airport Sam Ratulangi dan berniat langsung ke Makawembeng, maka rute Air Madidi adalah yang terdekat. Kedua rute tersebut melewati jalan mendaki dan berliku dengan pemandangan yang indah. Sebaiknya anda pergi dan pulang dari Menado dengan rute yang berbeda sehingga anda dapat menikmati seluruh pemandangan indah di kedua rute tersebut.

Lihat Peta Lokasi  GUNUNG MAKAWEMBENG di peta yang lebih besar
Terdapat beberapa tempat menarik pada rute pertama yaitu Gunung Lokon dan makam pahlawanan nasional Imam Bonjol. Rute kedua juga memiliki tempat menarik seperti sungai kuala Tondano yang terletak di sisi jalan, serta pembangkit listrik tenaga air Tanggari. Kedua rute tersebut melewati lokasi menarik lain yaitu danau tondano dan makam pahlawan Kyai Mojo. Kyai Mojo merupakan salah satu panglima perang dari pahlawan nasional pangeran diponegoro. Di dekat makam Kyai Mojo terdapat perkampungan jawa yang merupkan keturunan dari para pengikut kyai Mojo.
Gunung Makawembeng memiliki dua buah puncak yang berdekatan masing-masing dengan ketinggian 1078 m dan 1081 m. Tidak ada kawah di gunung Makawembeng.  Meskipun demikian tempat tersebut tetap menarik, karena dari puncak gunung tersebut kita dapat melihat kota Menado dengan laut celebesnya serta kota Bitung dengan laut Molusca.
Di puncak gunung Makawembeng terdapat beberapa menara komunikasi, telvisi, dan radio. Terakhir kawasan gunung Makawembeng ditetapkan sebagai kawasan taman hutan raya, dan jalan menuju kesana telah dilakukan perbaikan oleh pemerintah setempat.
Peta lokasi gunug Makawembeng, klik gambar untuk memperbesar

 Makawembeng dari Tondano
Tower di Makawembeng
 Danau Tondano dari Makawembeng
 
Puncak lain Makawembeng

No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');