Monday 14 February 2011

NIKMATNYA CAVING DI GUA LALAY CILEUNGSI

ENGLISH/INDONESIA

Gua lalay di Ciluengsi merupakan campuran antara gua horizontal dan gua vertikal. Uniknya gua lalay adalah adanya sungai kecil  yang mengalir di dasar gua tersebut. Jadi sebenarnya gua lalai adalah sungai di bawah tanah. Disebut gua lalay karena di dalam gua tersebut banyak dijumpai kelelawar (dalam bahasa sunda lalay berarti kelelawar).
Gua lalai ini cukup panjang, jika tak salah dari pintu masuk sampai dengan ujung gua di tempuh dalam satu jam lebih (sudah lupa maklum sudah lama sekali). Dasar gua/sungai ada yang berupa lumpur, ada juga yang berupa batuan kapur yang keras. Kedalaman sungai juga bervariasi ada yang hanya selutut orang dewasa ada juga yang cukup dalam di atas kepala orang dewasa. Lebar gua juga bervariasi, ada yang hanya berupa lorong sempit yang hanya muat satu orang, ada juga ruangan yang cukup luas lengkap dengan stalagtit dan stalagmitnya.
Waktu terbaik untuk ke gua lalai adalah di musim kemarau, karena permukaan air tidak terlalu tinggi. Hati-hati jika anda berkunjung disaat hujan atau musim hujan, karena ditempat-tempat tertentu ketinggian air cukup dalam. Sebaiknya anda tidak masuk gua lalai sendirian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika di dalam rombongan ada yang bisa berenang akan lebih baik.
Untuk  pemula sebaiknya berkunjung di musim kemarau, masuk dan keluar melalui jalan yang sama. Peralatan yang dibutuhkan yang terpenting adalah senter. Sebaiknya gunakan celana panjang dan sepatu  untuk menghindari gesekan dengan bebatuan. Karena perjalanan cukup panjang  sebaiknya anda membawa bekal makanan dan minuman secukupnya. Semua perbekalan, senter, kamera sebaiknya kedap air atau disimpan ditempat yang kedap air. Untuk anda yang sudah terlatih masuk dan keluar bisa dari jalan yang berbeda yaitu melalui gua vertical. Untuk Masuk/Keluar melalui gua vertikal ini dibutuhkan peralatan tambahan seperti tali-temali, carabiner, harnest dll.
Gua lalay ini terdapat di bawah bukit kapur. Keberadaan gua lalay ini cukup terancam karena batuan kapur dimanfaatkan untuk produksi pabrik semen disekitar gua tersebut. Mengingat gua lalay juga merupakan sumber air dengan adanya sungai di gua tersebut, maka keberadaan gua lalay perlu dilestarikan.
Disekitar gua lalay juga terdapat tebing-tebing bukit kapur vertikal yang dapat dimanfaatkan untuk latihan panjat tebing.


Bagaimana cara ke Gua Lalay Cileungsi.
Gua lalay terletak di daerah Cileungsi jawa Barat tepatnya pada koordinat 6* 28' 3,77 S 106* 57" 45,24" E. Jalan Paling mudah adalah lewat tol Jagorawi lalu keluar gerbang Gunung putri kemudian belok kiri. Selanjutnya ikuti saja jalan itu hingga anda menjumpai STO/SKSD Palapa sebelah kiri jalan. Sekitar satu kilometer dari situ anda akan emnjumpai danau kecil disebelah kanan jalan, Anda belok kanan disitu. Dari situ sebagian jalan adalah jalan batu atau jalan tanah, oleh sebab itu anda tidak dianjurkan untuk menggunakan kendaraan sedan. Karena jalannya cukup berliku-liku gunakan patokan peta di bawah ini dan koorinat di atas.  Selamat bercaving ria
Peta lokasi ke Gua Lalay Cileungsi. Klik gambar untuk memperbesar


Lihat Peta lokasi inter aktif Gua lalay di Ciluengsi di peta yang lebih besar

No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');