Sunday 10 April 2011

DANAU TOBA

ENGLISH/INDONESIA


Danau Toba terletak di propinsi Sumatra Utara. Danau toba adalah danau terluas di Indonesia.Luas kawasan danau Toba mencapai 3.658 km2 yang terdiri dari luas permukaan air 1.103 km2 ditambah luas permukaan pulau Samosir yang berada di tengah-tengah danau Toba sebesar 647 km2 dan pulau Padafur yang lebih kecil dengan luas 7 km2.
Karena luasnya, maka danau toba termasuk ke dalam tujuh wilayah kabupaten yaitu, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Samosir, Kabupaten Dairi, Kabupaten Toba Samosir, kabupaten Humbanghasudutan, kabupaten Asahan dan Kabupaten Karo. Karena danau Toba luas sekali, maka banyak sekali titik pandang untuk menikmati keinahan danau Toba. Namun tempat yang paling populer adalah di kota Parapat kabupaten Simalungun. Anda bisa melihatnya di peta di bawah ini.

Lihat Peta lokasi  Danau toba di peta yang lebih besar
Peta wisata kawasan Danau Toba

Danau Toba adalah Kaldera atau kawah raksasa purba yang digenangi air.  Permukaan air danau toba berada pada ketinggian 899 m di atas permukaan air laut. Danau Toba dikelilingi gunung dan bukit dengan ketinggian sampai dengan 900 m sampai dengan 2000 m di atas permukaan laut, atau 1m sampai dengan 1100 m dari permukaan air danau.
Karena terletak di dataran tinggi, maka hawa di daerah danau Toba cukup sejuk. Bukit-bukit di sekitar danau Toba banyak berupa hutan-hutan hingga makin menambah ke indahan danau Toba.


 Danau Toba adalah daerah tujuan wisat yang sangat populer. Popularitasnya tidak hanya di dalam negri tetapi juga di Manca negara. Banyak sekali wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Danau Toba.





No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');