Saturday 9 April 2011

KEBUN RAYA BOGOR

ENGLISH/INDONESIA

Kebun Raya Bogor terletak di kota Bogor, propinsi Jawa Barat.


Lihat Peta lokasi Kebun Raya Bogor di peta yang lebih besar

Kebun Raya Bogor merupakan tempat wisata yang amat populer dan telah ada sejak jaman dahulu kala. Kebum Raya ini sudah ada sejak jaman kerajaan Siliwangi, namun mulai dibangun seperti kondisi saat ini yaitu pada saat Indonesia di jajah oleh Inggris pada awal tahun 1800-an. Pada saat itu gubernur jendral Inggris yang berkuasa di Indonesia adalah Thomas Stamford Raffles. Ia memiliki minat yang besar dan tinggal di Istana Bogor, dan menyulap halaman istana menjadi taman yang cantik. Inilah awal mula bentuk kebun Raya bogor.
Istana Bogor
Koleksi tumbuhan kebun Raya bogor diambil dari berbagai pelosok nusantara. Salah satu daya tarik utama adalah bunga bangkai raksasa yang tingginya dapat mencapai 2 m.
Beberapa jenis bungan bangkai
Koleksi pohon di kebun raya bogor mencaapai lebih dari 17.000 spesies diantaranya adalah anggrek-angrek dan tumbuhan langka. Tiap koleksi tumbuhan diberi label hingga kita dapat mengetahui nama dan asal tumbuhan. Banyak koleksi tumbuhan yang berusia di atas 100 tahun dengan tinggi puluhan meter dan diameter batang lebih dari 50 cm.
Pohon-pohon besar di kebun raya Bogor
Dengan luas 87 hektar dan pohon yang rindang dan tinggi serta jumlahnya ribuan, maka kebun raya Bogor menjadi paru-paru dan menyejukan kota Bogor. Selain itu di kebun raya Bogor terdapat kolam-kolam yang indah dengan bunga teratai dan air mancur serta taman bermain yang luas yang menjadikannya tempat favorit untuk pengunjung.
Kolam teratai kebun Raya bogor
Di kebun raya bogor terdapat jembatan gantung yang melintasi sungai ciliwung. dan juga terdapat musium zoologi yang berisi replika darikerangka binatang yang ada di Indonesia, disertai latar belakang habitat mereka.
Jembatan gantung kebun Raya Bogor 
Museum Zoologi
 
Peta denah kebun Raya Bogor
Untuk melihat peta wisata lokasi kebun raya Bogor silahkan buka pada link berikut peta wisata kota bogor

No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');