Monday 25 April 2011

INDAHNYA TAMAN LAUT BUNAKEN

ENGLISH/INDONESIA

Taman Laut Bunaken merupakan bagian dari kotamadya Manado, propinsi Sulawesi Utara. Letaknya sekitar 15 km dari kota Manado. Taman laut Bunaken meliputi daerah kepulauan yang terdiri atas lima pulau, yaitu pulau Bunaken, pulau Manado Tua, pulau Siladen, pulau Mantehang dan pulau Naeng Besar.
Daya tarik utama Taman laut Bunaken adalah keindahan karang bawah laut yang terletak di sebelah tenggara lepas pantai pulau Bunaken. Konon keindahan karang bawah laut tersebut merupakan yang terindah di dunia. Selain pulau Bunaken, terdapat juga titik-titik penyelaman di pulau lainnya.
Di perairan karang tersebut tinggal berbagai jenis fauna seperti kura-kura, ikan hiu, ikan pari dan lainnya. Distu hidup juga ikan purba yang dilindungi yaitu ikan coleacant.
Taman Laut bunaken
Untuk menikmati keindahan Taman laut Bunaken ada beberapa cara. Yang pertama adalah dengan menggunakan perahu motor yang di bagian bawahnya ada bagian kaca transparan sehingga kita dapat melihat keindahan bawah laut bunaken cukup dari perahu dan berkeliling sepanjang tepi karang. Cara ini dapat dilakukan dengan lebih hemat yaitu dengan menumpang perahu motor bersama-sama wisatawan lain. Tarifnya sekitar Rp 50.000,- per orang. Namun harus menunggu muatan perahu hingga penuh.
Cara lainnya adalah dengan berenang, snorkling ataupun menyelam. Namun untuk cara ini kita harus merogoh kocek lebih dalam karena harus menyewa perahu dan peralatan snorkling atau menyelam. Untuk sewa perahu biayanya sekitar Rp 300.000,- sampai Rp 800.000,-. Ada dua tempat sewa perahu di Manado yaitu dari dermaga Marina dan dari pasar Bersehati. Namun umumnya lebih murah dari pasar bersehati.


Peta lokasi wisata Taman Laut Bunaken. Klik Gambar untuk memperbesar



Lihat Peta Lokasi Taman Laut Bunaken di peta yang lebih besar

No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');