Tuesday 14 June 2011

Wisata Air Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

ENGLISH/INDONESIAN

Waduk Gajah Mungkur terletak di dalam wilayah kabupaten Wonogiri, propinsi Jawa Tengah, sekitar 32 km sebelah selatan kota Solo.. Permukaan air danau berada pada ketinggian 361 m.
Banyak cerita menarik selama masa Pembangunan waduk ini. Salah satunya adalah program Bedol Desa. Pembangunan waduk ini menenggelamkan daerah-daerah yang dahulunya merupakan desa-desa yang terdapat pemukuiman. Maka warga desa-desa tersebut dipindahkan atau di transmigrasikan ke daerah lain.Total ada 51 desa, sekitar 12.157 kepala keluarga dari 67.157 jiwa yang dipindahkan ke daerah Sitiung propinsi Sumatra Barat. Dari situlah timbulnya istilah Bedol desa.
Lihat Peta lokasi Taman wisata Waduk Gajah Mungkur di peta yang lebih besar
Prasasti Bedol desa waduk gajah mungkur
Waduk Gajah Mungkur membendung sungai terbesar dan sungai terpanjang di pulau jawa yaitu Sungai Bengawan Solo. Luas waduk Gajah mungkur sekitar 8.800 hektar. Fungsi waduk ini adalah untuk mencegah banjir di daerah tersebut. Selain itu waduk ini dapat memberikan sumber air minum bagi kota Wonogiri, dan dapat mengairi area persawahan seluas 23.600 hektar di daerah Klaten, Sukoharjo, Karang anyar dan Sragen. Waduk ini juga dapat menghasilkan tenaga listrik sebesar 12,4 Mega Watt.
Waduk Gajah mungkur
Fungsi lain dari Waduk gajah Mungkur adalah sebagai daerah wisata dan rekreasi. Salah satu lokasi tempat wisata di waduk Gajah Mungkur adalah sendang asri. Disini terdapat boat atau perahu yang disewakan untuk keliling danau. Juga berbagai fasilitas untuk olahraga air seperti memancing, perahu, ski air, jet ski dan juga paralayang. Di taman rekreasi waduk Gajah Mungkur juga terdapat kebun Binatang Mini.
Di taman ini terdapat juga fasilitas lain seperti playground, kereta mini, warung penjaja makanan dan souvenir dan lain-lain.


Kebun binatang mini

No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');