Tuesday 31 January 2012

MASJID RAYA AL-MASHUN MEDAN

ENGLISH/INDONESIAN

Masjid Raya Al-Mashun terletak di kota Medan propinsi Sumatra utara, tepatnya di persimpangan jalan Sisingamangaraja dan jalan Masjid Raya. Masjid ini menjadi kebanggan kota Medan karena usianya yang sudah lebih dari seratus tahun juga karena keindahan dan kemegahannya. Selain itu lokasi Masjid terletak di tengah kota sehingga dekat dengan berbagai fasilitas seperti hotel baik berbintang maupun melati, Mall, food court, rumah makan, pertokoan, ATM dan lain-lain. Masjid Raya ini juga letaknya berseberangan dengan Taman kolam Raya Sri Deli dan hanya sekitar 200 m jaraknya dari istana Maimoen.


Lihat Peta lokasi MASJID RAYA AL-MASHUN MEDAN di peta yang lebih besar
Foto lama Masjid Raya Al-Mashun Medan
Masjid Raya Al-Mashun Medan didirikan pada jaman kesultanan Deli yaitu oleh Sultan Ma'moen Al Rasyid Perkasa alamsyah. Masjid ini mulai dibangun tahun 1906 dan mulai dipergunakan tahun 1909.

Foto Prasasti Masjid Raya Al-Mashun Medan
Bangunan utama Masjid Raya Al-Mashun Medan berbentuk bujur sangkar dengan ukuran sekitar 28 m x 28 m. Pada bangunan tersebut terdapat satu kubah utama dan empat kubah yang lebih kecil pada setiap sudutnya. Luas halaman sekitar 1 hektar. Pada sisi barat terdapat sebuah tower.

 Gerbang masuk halaman Masjid Raya Al-Mashun Medan

Interior Masjid juga sangat indah. Terdapat sebuah mimbar dan tempat imam.



No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');