Saturday 4 February 2012

DANAU TONDANO, MINAHASA

ENGLISH/INDONESIAN

Danau Tondano terletak di kabupaten Minahasa, propinsi Sulawesi Utara. Danau Tondano merupakan danau  terluas di propinsi Sulawesi utara. Luasnya mencapai 4.278 ha dengan ukuran sekitar 5 km x 11 km. Danau ini dilingkari dengan jalan provinsi dan menghubungkan kota Tondano, Kecamatan Tondano Timur, Kecamatan Eris, Kecamatan Kakas, Kecamatan Remboken, dan Kecamatan Tondano Selatan.
Lihat Peta lokasi  Danau Tondano di peta yang lebih besar


Peta lokasi Danau tondano. Klik gambar untuk memperbesar
Terletak pada ketimggian 684 m di atas permukaan laut membuat kawasan danau tersebut berhawa sejuk.Danau ini diapit oleh Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tampusu, Gunung Makawembein dan Gunung Masarang, sehingga pemandangan Danau dan sekelilingnya sangat indah. Di sebagian sisi danau tondano terdapat ladang persawahan padi yang juga sangat indah. Di kecamatan Eris terdapat pulau kecil bernama pulau fikri dengan ukuran sekitar 100 m x 30 m.
 Danau Tondano tampak dari gunung Makawembein
Gunung Makawembein dan persawahan tampak dari danau Tondano
Pulau fikri di danau Tondano
Beberapa obyek wisata di sekitar danau tondano adalah "Sumaru Endo" Remboken, dan Resort Wisata Bukit Pinus (Tondano arah Toliang Oki).Gua tikus tasuka, Dari tepian danau Tondano (Toliang Oki). Anda dapat juga naik ke gunung Makawembein . Dari situ anda dapat menikmati keindahan pemandangan di danau Tondano, kota Bitung dan Pantainya serta kota Manado dan pantainya. Disekeliling danau tondano jiga terdapat beberapa rumah makan yang menyediakan sajian ikan hasil tangkapan atau budidaya di danau tersebut. Selain sebagai penghasil ikan air tawar, air danau tondano juga dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik. Air danau ini mengalir ke sungai Tanggari, dan disepanjang sungai tersebut terdapat tiga PLTA yaitu PLTA Tonsea Lama, PLTA Tanggari I serta PLTA Tanggari II.
PLTA Tonsea Lama
Bagaimana Cara ke Tondano
Seperti terlihat pada peta di atas, anda dapat mencapai Danau Tondano dari kota Manado. Ada dua jalur dari Manado ke Tondano yaitu melalui kota Tomohon atau Air Madidi. Semuanya melalui jalan aspal dengan kondisi yang mulus. Sebaiknya anda pergi dan pulang dengan rute yang berbeda. Hal ini karena kedua rute tersebut memiliki pemandngan yang indah dan jalan berkelok-kelok sehingga sayang untuk dilewatkan.

No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');