Monday, 6 February 2012

MASJID RAYA AL-ITTIHAD TEBET, JAKARTA

ENGLISH/INDONESIAN

Masjid Raya Al-Ittihad terletak di dalam komplek Tebet Mas Indah, jalan Tebet Mas Indah 1, Tebet Jakarta Selatan. Masjid Al-Ittihad memiliki luas lahan sekitar 6500m2, sekitar 1900 m2 digunakan untuk bangunan utama. Dengan demikian maka lahan yang tersedia untuk taman ataupun tempat parkir cukup luas. Pohon-pohon rindang banyak terdapat disekeliling Masjid membuat suasana teduh disekitar Masjid. Masjid Raya al-Ittihad diresmikan tanggal 20 Maret 1987 oleh Mendagri saat itu yaitu H Soedharmono SH.
Masjid Al-Ittihad Tebet Mas Indah Jakarta
Tidak seperti Masjid lain yang kubahnya berbentuk bulat, Masjid Raya Al-Ittihad berbentuk bintang segi delapan.Bangunan Utama Masjid Raya Al-Ittihad terdiri dari dua lantai.
Lantai atas merupakan ruangan ibadah utama, sedangkan lantai bawah digunakan sebagai ruang serba guna. Namun demikian ruang serbaguna ini juga digunakan untuk ibadah shalat jumat karena jumlah jamaah yang hadir tidak tertampung seluruhnya di ruang ibadah utama di lantai atas. Pada saat Shalat Jumat Ruang bawah dilengkapi dengan display berukuran besar yang mendisplaykan lokasi mimbar dan imam di lantai atas.Ruang ibadah utama dilengkapi dengan pendingin ruangan, sehingga ruangan terasa sejuk dan menambah kekhusyuan selama beribadah.

Ruang serbaguna ini juga sering digunakan untuk acara resepsi pernikahan ataupun hajatan lainnya. Setiap hari Jumat Masjid ini sangat ramai. Selain hadir para jamaah, juga banyak pedagang yang hadir menggelar dagangannya di halaman Masjid. Pedagang yang hadir diantaranya menjajakan makanan dan minuman, pakaian dan souvenir islami.
 Suasana Masjid Al Ittihad bada shalat Jumat
Selain ibadah kawasan Masjid ini juga dijadikan tempat untuk kegiatan Taman Pendidikan Al Quran (TPA), Koperasi Karyawan,  Biro Ibadah Haji (KBIH), Badan Majelis Taklim (BMT), Badan Amil dan lain-lain.Dibidang pendidikan juga terdapat TK Islam Terpadu dan SD Islam Terpadu.
TK dan SD Islam Terpadu Al ittihad

No comments:

Post a Comment

nnpz','_tapgmz');