Sunday, 13 May 2012

MASJID AGUNG AT TIN, JAKARTA

ENGLISH/INDONESIAN

Masjid Agung At Tin terletak di jalan Taman Mini 1, kelurahan Pinang ranti, kecamatan Makasar, Jakarta timur 13560.
 Peta lokasi Masjid Agung At Tin
Masjid Agung At Tin adalah masjid yang besar dan indah. Masjid Agung At Tin mulai dibangun pada April 1997. Masjid Agung At Tin menempati area tanah seluas 70.000 meter persegi dengan kapasitas sekitar 9.000 orang di dalam masjid dan 1.850 orang di selasar tertutup dan plaza. Masjid At-Tin selesai pada tahun 1999 dan dibuka untuk umum 26 November 1999

 
Nama At-Tin diambil dari salah satu surah dalam Al-Quran surah ke-95 Nama surah itu adalah At-Tin yang berarti sejenis buah yang sangat manis, lezat, dan penuh gizi.Pemberian nama At-Tin sebenarnya juga merupakan upaya untuk mengenang jasa-jasa istri mantan Presiden Soeharto yang bernama Ibu Tien. Pendirian masjid ini terlaksana berkat bantuan Yayasan Ibu Tien Soeharto.

 Masjid At-Tin memiliki berbagai fasilitas pendukung seperti warung makan, ruang rekreasi/TV, ruang internet, perpustakaan, rumah dinas Imam Besar, mess muazin, rumah penjaga, ruang kegiatan, ruang kelas, dan lahan parkir yang dapat menampung 100 sepeda motor, 8 bus, dan 350 mobil. Di samping fasilitas-fasilitas pendukung, masjid ini juga sering menyelenggarakan kegiatan seperti diskusi tema khutbah sebelum salat jumat, kuliah Ahad Duha berbentuk cermah dan diskusi, pengajian tafsir Al-qur‘an (Tafsir Jalalain) setiap Minggu pagi (08.00—11.00 WIB), pengajian karyawan, seminar keagaman, tablig akbar, dan peringatan hari besar Islam. Lantai dasar juga sering digunakan untuk acara resepsi pernikahan.

No comments:

Post a Comment