Tuesday 17 September 2013

PANTAI LASIANA KUPANG, NUSA TENGGARA TIMUR

ENGLISH/INDONESIAN

Pantai Lasiana Kupang terletak di pinggiran kota Kupang di sebelah timur-utara kota Kupang, propinsi Nusa tenggara Timur.

Lihat Pantai Lasiana Kupang di peta yang lebih besar
Pantai Lasiana Kupang merupakan salah satu daerah wisata pantai kota Kupang dari sekian banyak tempat wisata pantai di kota Kupang. Pantai Lasiana Kupang merupakan tempat wisata pantai yang paling populer di kota Kupang. Pantainya yang landai, ombaknya yang tenang, pasirnya yang lembut tanpa karang, airnya yang jernih dan bersih, membuat Pantai Lasiana Kupang  tempat yang ideal untuk berenang.
Di pinggir Pantai Lasiana Kupang terdapat banyak pohon-pohon tua yang rindang, pohon kelapa dan pohon lontar yang masih produktif. 
Pada saat penulis melakukan kunjungan ke Pantai Lasiana Kupang kebetulan pada hari kerja sehingga pantai terlihat sepi dan lenggang. Namun pada hari-hari libur atau akhir pekan, pantai Pantai Lasiana Kupang banyak dikunjungi wisatawan. Banyaknya wisatawan pada hari-hari libur tersebut juga mengundang para pedagang yang menggelar berbagai makanan dan minuman dingin yang menyegarkan. Aroma ikan bakar tercium dimana-mana dan terdengar nyanyian yang diiringi gitar, karena pada hari-hari libur pantai ini berubah menjadi semacam arena berkumpul keluarga.
 Di Pantai Lasianan ini terdapat 14 unit bangunan Lopo-lopo atau bangunan menyerupai rumah tradisional. Lopo-lopo adalah sebutan lokal untuk pondok berbentuk menyerupai kanopi,bertiang batang pohon kelapa atau kayu dan beratapkan ijuk, daun kelapa, daun lontar, dan alang-alang. Bisa juga beratapkan seng yang bagian luar dilapisi ijuk, pelepah kelapa atau lontar, dan alang-alang.  Bangunan ini berfungsi sebagai tempat berteduh dan beristirahat bagi pengunjung yang tidak ingin tersengat panas matahari ketika menikmati pemandangan pantai. Terdapat beberapa kios komersial, kios cendera mata, dan sebuah panggung hiburan rakyat. Juga terdapat kolam renang.

Di Pantai Lasiana, terdapat jajanan tradisional khas Kupang yaitu Pisang Gepe yang bisa dinikmati dengan segarnya kelapa muda. Pisang gepe adalah pisang bakar yang disiram air gula aren dan kacang tanah tumbuk.
Untuk masuk pantai Lasiana Kupang tarifnya sangat murah. Saat itu untuk tiga orang dan satu kendaraan hanya dikenakan biaya Rp 5.000.


No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');