Monday, 27 January 2014

JEMBATAN PALU IV, IKON KOTA PALU

JENGLISH/INDONESIAN

Jembatan Palu IV, atau sering juga disebut jembatan Kuning, Atau juga sering disebut jembatan Ponulele berada di antara jalan Rono dan jalan Raden Saleh, dan di antara kelurahan Besusu dan Lere, serta di antara kecamatan Palu timur dan Palu Barat, kota Palu, propinsi Sulawesi tengah.


Lihat Jembatan Palu IV di peta yang lebih besar
Jembatan Palu IV membentang di atas muara sungai Palu yang menuju Teluk Talise. Jembatan ini diresmikan bulan mei tahun 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.  Jembatan kuning ini merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia dan konon ketiga di dunia setelah Jepang dan Perancis.

Panjang jembatan utama : 250M titik tertinggi lengkung jembatan : 20,2M dari badan jembatan lebar jembatan 7,5 M luas permukaan besi total jembatan : 6234,40 M2. Jembatan Palu IV menjadi ikon kota Palu dan menambah keindahan kota Palu yang memiliki panorama gunung, darat dan laut sekaligus.


Di sebelah Jembatan Palu IV, juga terdapat Taman pantai Talise. Dari Taman ini dapat dinikmati keindahan Jembatan Palu IV, Teluk Talise dan pegunungan yang mengelilingi kota Palu.

No comments:

Post a Comment

nnpz','_tapgmz');