Wednesday 8 January 2014

SEJUK DAN INDAHNYA WADUK DARMA, KUNINGAN

ENGLISH/INDONESIAN

Waduk Darma, Kuningan terletak di pinggir jalan Raya Kuningan - Majalengka, atau tepatnya di desa Jagara- Kecamatan Darma, kabupaten Kuningan, propinsi Jawa Barat, Indonesia. Berada di pinggir jalan Raya dan dilalui kendaraan umum (angkot/bus) membuat lokasi Waduk Darma, Kuningan mudah sekali diakses.
 
Lihat Waduk Darma, Kuningan di peta yang lebih besar
Waduk Darma, Kuningan memiliki luas sekitar ± 425 ha dan  Kapasitas genangan air maksimal ± 39.000.000 m3.Ada tiga pulau berada di tengah waduk. Masing-masing bernama Nusa Laja yang punya luas sekitar 1,5 ha. Lalu Nusa Sireum dengan luas mencapai 1 ha. Dan ketiga, Nusa Goong yang arealnya kira-kira 2 ha. Nama-nama pulau diambil dari fenomena alam masing-masing pulau. 
Nama Nusa Goong, diberikan karena pada jaman dulu, orang-orang sekitar Waduk Darma sering mendengar suara Goong (gong) di pulau itu. Begitu pula nama Nusa Sireum dinamai itu karena pulau tersebut ukurannya kecil bagaikan semut (sireum).
Gerbang masuk kawasan wisata waduk Darma

Waduk Darma, Kuningan berada di lereng Gunung Ciremai pada ketinggian 704 m. Letaknya yang berada pada ketinggian membuat hawa sejuk menyelimuti sekitar Waduk Darma, Kuningan. Gunung ciremai yang gagah serta bukit-bukit kecil di sekitar Waduk Darma, Kuningan membuat pemandangan di sana menjadi sangat indah.

Sesuai dengan sebutannya sebagai waduk, maka fungsi utama dari waduk ini adalah untuk pengairan. Selain itu Waduk Darma, Kuningan juga dimanfaatkan untuk rekreasi, olahraga, perikanan/pemancingan dan lain-lain. Fasilitas rekreasi yang tersedia di Waduk Darma, Kuningan adalah tempat parkir, toilet, musholah, panggung terbuka, kios-kios penjaja makanan dan souvenir. Fasilitas lain adalah perahu motor untuk keliling danau dengan biaya Rp 10.000/orang. Tersedia juga jetski dengan tarif Rp 125.000/jetski (bisa dinaiki 2 orang dewasa). Murah sekali bukan. Bandingkan tarif jetski di Anyer atau Bali yang mencapai Rp 400.000 atau lebih. Tersedia pula arena flying fox di lokasi.

Tarif normal masuk Waduk Darma adalah Rp 10.000,- namun karena pada saat itu tahun baru 2014 maka tarifnya adalah Rp 15.000/orang hingga tanggal 5 Januari 2014. Setelah itu belum tahu tarifnya apakah kembali ke tarif normal atau tarif baru.
Sejarah waduk darma 
Jauh sebelum Waduk Darma dirintis oleh Belanda pada tahun 1922. Keberadaan Waduk Darma pada masa para wali datang ke Darma sudah merupakan situ/danau kecil dan sebagian merupakan kawasn pesawahan dan pemukiman penduduk serta merupakn titik temu antara desa Darma, Jagara, Sakerta, Paninggaran, Cipasung, Kawah Manuk dan Parung. Di tengah-tengah Waduk Darma terdapat mata air Cihanyir, di sebelah utara tampak berdiri sosok keperkasaan gunung Ciremai.
Jet ski di waduk Darma 

 Pada jaman Belanda seluruh tanah yang akan di jadikan Waduk oleh Belanda di beli secara tunai (th 1939) dengan perhitungan. Tanah Rakyat di beli seharga 100%, Tanah Kasikepan (Tanah kekeyaan Desa) 2/3%, Sedangkan Tanah Bengkok Hanya di beli seharaga 1/3% dari harga normal saat itu.

Flying Fox di waduk Darma

Berhubung pasukan pendudukan Jepang menguasai Indonesia, maka proyek ini dihentikan sementara. Baru pada tahun 1954, Presiden Soekarno turun tangan untuk melanjutkan proyek pembuatan Waduk Darma. Seluruh pembebasan tanah dan pengerjaan diselesaikan hingga diresmikan pada tahun 1961.

2 comments:

  1. Hari-hari biasa, Harga Tiket Masuk (HTM) Kawasan Wisata Wadukdarma biasa, normal kembali. Mungkin karena jarang pengunjung, bahkan mungkin karena sepi atau karena apa.... Bisa jadi, untuk kasus tertentu, kita bisa gratis untuk masuk ke wisata Darma karena pada kenyataanya pulang tidak ngambil apa2 kecuali hati yg refresh, segar untuk menjalani aktifitas kerja pokok sehari-hari. Nah, suasana hati itulah yg mahalnya...

    ReplyDelete
  2. kalau sekarang berapa 2015 juli

    ReplyDelete

;nnpz','_tapgmz');