Tuesday 15 July 2014

TANJUNG SELOR - TARAKAN MENYUSURI SUNGAI KAYAN

ENGLISH/INDONESIAN
Pulau Kalimantan memiliki banyak sungai-sungai yang berukuran sangat besar. Adanya sungai-sungai yang sangat besar ini dimanfaatkan sebagai sarana transportasi sungai yang menghubungkan satu kota dengan kota lainnya baik dalam kabupaten, antar kabupaten atau antar propinsi. Tidak hanya kapal-kapal kecil yang dapat melintasi sungai tersebut, namun juga kapal-kapal berukuran besar kelas antar pulau.

Lihat Tanjung Selor - Tarakan via sungai Kayan di peta yang lebih besar


Salah satu kota yang dilalui sungai besar adalah kota Tanjung Selor yang merupakan ibukota propinsi Kalimantan Utara. Adapun sungai besar yang melintasi kota Tanjung Selor adalah Sungai Kayan. Nama pelabuhannyapun diambil dari nama sungai tersebut yaitu Pelabuhan Kayan 2.
Selain sebagai sarana transportasi sungai-sungai besar ini dapat juga dimanfaatkan sebagai sarana wisata. Menyusuri sungai-sungai tersebut juga mengasyikan. Pemandangan di sepanjang tepian sungai tersebut juga menakjubkan dimana sebagian besar masih berupa hutan belantara yang masih lebat. Juga pemandangan kota-kota dan desa-desa di sepanjang sungai. Salah satu jalur sungai yang di layani transportasi speed boat reguler adalah Tanjung Selor- Tarakan. Perjalanan dengan menggunakan speed boat ditempuh dengan waktu sekitar 1,2 jam. 


No comments:

Post a Comment

;nnpz','_tapgmz');