Tuesday, 5 August 2014

PANTAI WISATA PANGANDARAN YANG MENAWAN

ENGLISH/INDONESIAN
Pantai Wisata Pangandaran terletak di daerah Pangandaran, kabupaten Pangandaran, Propinsi Jawa Tengah. Dahulunya pantai  Pangandaran termasuk wilayah kabupaten Ciamis, namun setelah pemekaran maka Wilayah ini masuk ke dalam wilayah kabupaten Pangandaran. Pantai Pangandaraan letaknya di ujung selatan bagian Timur propinsi Jawa Barat. Sudah dekat dengan propinsi Jawa Tengah.


Lihat Pantai Wisata Pangandaran di peta yang lebih besar
Pantai Wisata Pangandaran terletak di sebuah daratan yang berbentuk semenanjung, sehingga memiliki tiga buah sisi pantai. Adapun yang menjadi daerah wisata Pantai Wisata Pangandaran adalah pantai Timur Pangandaran dan Pantai Barat Pangandaran.
Pantai Barat Pangandaran memiliki pasir yang berwarna hitam dengan tekstur yang lembut. Kelebihan utama pantai Barat Pangandaran adalah bentuk pantainya yang sangat landai. Sehingga kita dapat bermain cukup jauh dari pantai namun kedalamannya masih dangkal.
Ombak Pantai Wisata Pangandaran sisi barat cukup besar, namun karena pantainya sangat landai jadi cukup aman untuk berenang. Meskipun demikian pengunjung perlu berhati-hati agar tidak berenang terlalu jauh ke tengah laut.  Pengalaman penulis sendiri yang berenang terlalu jauh ke tengah laut dengan menggunakan papan seluncur yang disewakan di pantai, kesulitan kembali ke tepi pantai karena mungkin arus laut ke tengah yang cukup kuat dan faktor mungkin usia juga (he 3x). Akhirnya penulis dibantu life guard untuk kembali ke pantai yang mungkin melihat penulis kesulitan kembali ke pantai.
Daya tarik lain di pantai barat Pangandaran adalah untuk melihat sunset (matahari terbenam). Sebaliknya untuk melihat Sunrise (matahari terbit) dapat berjalan kaki ke pantai timur.
Di sepanjang pantai pangandaran terdapat deretan berbagai kios yang menjajakan suvenir ataupun makanan. Selain itu banyak juga terdapat taman-taman yang banyak dimanfaatkan oleh turis backpacker untuk mendirikan tenda.
Saat peak Season pantai pangandaraan ini sangat ramai sekali. Fasilitas lain yang ada di sekitar pantai pangandaraan adalah berbagai macam penginapan dari klas melati hingga berbintang, tempat mandi umum, becak wisata, penyewaan sepeda dan lain-lain. Sayangnya harga sewa penginapan atau hotel di kawasan pangandaran ini relatif mahal, apalagi pada saat peak season.
Bagi Anda yang membawa kendaraan dan tidak bermaksud menginap di pangandaran tidak perlu khawatir, karena tersedia tempat parkir yang cukup banyak di kawasan pantai pangandaran. Tarif masuk kendaraan ke kawasan wisata pangandaran adalah Rp 25.000,-










No comments:

Post a Comment

nnpz','_tapgmz');