Wednesday, 6 August 2014

PESONA GREEN CANYON, PANGANDARAN

ENGLISH/INDONESIAN
Green Canyon terletak di daerah Cijulang, Kabupaten Pangandaran, propinsi Jawa Barat. Dahulunya kawasan ini termasuk wilayah kabupaten Ciamis. Namun setelah pemakaran maka kawasan Green Canyon termasuk kedalam wilayah kabupaten Pangandaran.
Lihat Green Canyon, Pangandaran di peta yang lebih besar
Untuk ke Green Canyon Pangandaran, pertama-tama kita harus ke gerbang masuk Green Canyon. Parkir kendaraan tersedia di seberang jalan gerbang masuk tersebut. Di area parkir ini terdapat juga banyak kios-kios yang menjajakan suvenir ataupun makanan. Jika tempat parkir ini penuh, anda bisa parkir kendaraan di beberapa tempat lain yang tersedia.
Foto gerbang masuk/pelabuhan green canyon

Gerbang masuk green canyon ini sebenarnya adalah pelabuhan sungai khusus untuk ke green canyon. Yah memang untuk ke green canyon harus menggunakan perahu kecil bermotor tempel. Tarif untuk sewa perahu tersebut pulang pergi adalah Rp 150.000,- dengan kapasitas maksimum untuk 5 orang.
foto anak sungai di green canyon yang membentuk air terjun kecil

Pada saat penulis melakukan kunjungan ke green canyon kebetulan sedang peak season liburan setelah idul fitri, jadi pengunjung banyak sekali. Pada saat turun dari kendaraan seorang calo tiket perahu menawarkan tiket seharga Rp 300.000,- tanpa antri. Setelah penulis perhatikan ternyata memang pada saat dipanggil nomor tiket untuk naik perahu, banyak nomor yang tidak ada yang mungkin disediakan untuk calo-calo tiket tersebut.

Perjalanan dari gerbang masuk ke green canyon dengan menggunakan perahu motor tersebut ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit. Pejalanan menyusuri sungai yang tidak terlalu besar berwarna kehijauan. Di sisi kiri kanan sungai sebagian besar masih merupakan hutan dengan tebing-tebing terjal, sebagian lainnya terdapat pemukiman penduduk. Terdapat beberapa anak sungai yang lebih kecil yang membentuk air terjun kecil.
Perjalanan dengan perahu berakhir di sebuah gua yang mengalir sungai kecil di dalamnya dan berarus deras sehingga tidak bisa di lalui perahu lagi. Disini banyak terdapat stalaktit dan stalakmit yang meneteskan air. Tinggi Gua sekitar 10 meter dengan lebar sekitar 6 sampai 10 m dan panjang gua sekitar 30 meter. Setelah gua itu sungai kecil berair jernih dan berarus deras dengan dinding batu terjal di kiri dan kananya.
Setelah gua ini perjalanan di lanjutkan dengan berjalan kaki. Anda dapat berenang di area setelah  gua tersebut, atau loncat dari tebing setinggi 5 meter. Namun anda harus ingat perahu akan menunggu di tempat menunggu perahu, nanti setelah puas berenang akan di jemput kembali. Anda akan dikenakan biaya tambahan Rp 100.000,- per setengah jam untuk waktu tunggu perahu tersebut.





Tempat perahu menunggu pengunjung yang berenang 

No comments:

Post a Comment

nnpz','_tapgmz');