Tuesday, 2 December 2014

MASJID AGUNG BAITUL HIKMAH, TANJUNG REDEB, KABUPATEN BERAU

ENGLISH/INDONESIAN

Masjid Agung Baitul Hikmah, Tanjung Redeb terletak di jalan APT Pranoto kota Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, propinsi Kalimantan Timur, Indonesia.
Telepon :
Fax         :
Email     :
Websites :

Peta lokasi Masjid Agung Baitul Hikmah, Tanjung Redeb
Masjid Agung Baitul Hikmah merupakan masjid terbesar dan termegah di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sebelumnya masjid ini menyandang gelar sebagai masjid terbesar dan termegah di Pulau Kalimantan.sebelum masjid Islamic Center Samiranda diresmikan pada tahun 2008,

Masjid Agung Baitul Hikmah sejak awal pembangunan didanai oleh Pemerintah Kabupaten Berau yang bersumber dari APBD dengan Pos Anggaran pada Biro Sosial Kabupaten Berau yang pelaksanaannya dilakukan secara bertahap sejak Juni 2002 sampai dengan Oktober 2004, dengan memakan waktu kurang lebih 2,5 tahun/+883 hari. Pada Tanggal 31 Oktober 2005M/17 Ramadhan 1425 H, Masjid Agung Al-Hikmah diresmikan Dan berganti nama Menjadi Masjid Agung Baitul HIkmah yang di resmikan Oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Drs.H.Suarna Abdul Fatah,setelah sekian lama Jama'ah menantikan Masjid yang megah ini dan merupakan Masjid terbesar di Kalimantan saat itu.
Dengan mempertimbangkan faktor pendanaan oleh Panitia Pembangunan, Pengelolaan Operasional & Pemeliharaan dipercayakan pada P.T. Total Bangun Persada sampai batas waktu yang ditentukan.
Setelah diterbitkannya Surat Keputusan Nomor : 210 Tahun 2005 tentang pembentukan Pengurus Majid Agung Baitul Hikmah Kabupaten Berau maka sejak September 2005 pengelolaan, pemeliharaan dan operasional Masjid diselenggarakan oleh Pengurus yang baru.
Kegiatan peribadatan di Masjid Agung Baitul Hikmah meliputi berbagai hal, misalnya shalat berjamaah, Shalat Jum’at, Shalat Idul Fitri, Shalat Idul Adha, kegiatan TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an), hingga kegiatan majelis taklim dengan berbagai programnyaseperti tabligh akbar setiap 2 tahun sekali.
Menara Agung Baitul Hikmahmasjid setinggi 70 meter telah dimanfaatkan sebagai tower telepon seluler. Selain itu, kehadiran sarang burung walet yang berkualitas di menara tersebut juga menjadi berkah tersendiri bagi masjid karena dapat memberikan hasil yang maksimal untuk membiayai seluruh operasional masjid. Menara Masjid Agung Baitul Hikmah juga  dijadikan sebagai menara pandang untuk menikmati keindahan Kota Tanjung Redeb. Menara sebagai bangunan tertinggi di kota ini dilengkapi dengan satu lift. Pengunjung yang akan naik ke menara dibatasi sebanyak 20 orang untuk sekali trip. Setiap satu trip, pengunjung diberi waktu sekitar 15 menit berada di atas menara untuk menyaksikan pemandangan kota, Sejak menara tersebut dihuni oleh ribuan burung walet, pengurus Masjid tidak lagi memperbolehkan masyarakat sekita untuk naik ke menara.
Masjid Agung Baitul Hikmah dilengkapi beberapa fasilitas pendukung, seperti tempat parkir yang luas, tempat wudhu, dan kamar mandi. Lokasimya yang di tengah kota membuat mudah untuk menemukan fasilitas umum seperti penginapan, restoran, warung makan, dan pusat perbelanjaan. Masjid ini juga terletak tidak jauh dari Taman Cendana dan Kantor Bupati Berau. 





No comments:

Post a Comment