Sunday, 7 December 2014

TAMASYA KE PULAU MARATUA, BERAU, KALIMANTAN TIMUR

ENGLISH/INDONESIAN

Pulau Maratua terletak di Kecamatan Maratua,kabupaten Berau, propinsi kalimantan Timur. Dari total 31 pulau di kawasan Kepulauan Derawan, Pulau Maratua merupakan salah satu dari 4 pulau yang paling terkenal selain Pulau Derawan sendiri, Pulau Sangalaki, dan Pulau Kakaban. Karena keindahannya, pulau cantik ini disebut-sebut sebagai pulau surga (paradise island).
Peta lokasi Pulau Maratua
Pulau Maratua memiliki 6 kampung yang berpenghuni, yaitu Tanjung Harapan Bohebukut, Teluk Alulu, Bohesilian dan Payung-payung. Pusat pemerintahan Kecamatan Maratua terpusat di Kampung Teluk Harapan atau Bohebukut. Mayoritas penduduk kampung-kampung tersebut adalah masyarakat suku Bajo.
Obyek wisata utama di pulau Maratua adalah pantainya yang berpasir putih bersih serta airnya yang sangat jernih. Keindahan bawah lautnya juga tak kalah menakjubkan. Pulau Maratua memiliki sekitar 21 titik penyelaman yang sudah terkenal di kalangan penyelam.
  Masing-masing titik menawarkan pengalaman, keindahan, dan keanekaragaman hayati yang berbeda-beda. Titik penyelaman tersebut di antaranya adalah:

  1. Big Fish Country, terletak di antara Pulau Maratua dan Nabucco, adalah tempat penyelaman untuk menyaksikan hiu. Akan tetapi, untuk dapat menyelam di titik ini, Anda harus sudah mengantungi deep dive (advance) license  mengingat arus di titik ini terbilang kuat. 
  2. Turtle Traffic,  titik penyelaman yang dipenuhi oleh penyu hijau. Hewan yang usianya mencapai ratusan tahun ini terlihat banyak berenang di kedalaman laut Maratua sambil mencari makanan. Maratua memang merupakan salah satu kawasan di Indonesia yang menjadi favorit penyu untuk bertelur dan mencari makan. Dari banyaknya jumlah penyu yang singgah ke pulau ini, Maratua bahkan disebut-sebut sebagai Turtle Capital of Indonesia.
  3. Maratua Reef
  4. Fusilier Paradise
  5. Mid Reef, 
  6. Batfish Alley, 
  7. Lumanlang, 
  8. Divers Delight, 
  9. Turtle Parade, 
  10. Small Fish Country, 
  11.  Leo Point, 
  12. Midnight Snapper Run, 
  13. Sea Wall Garden, 
  14. Sea Wall, 
  15. Second Channel Shark City, 
  16. dan lainnya.
Di daratan pulau Maratua juga terdapat juga objek wisata lain seperti Danau Haji Buang yang memiliki Ubur-ubur yang tidak menyengat di dalamnya, masih banyak lagi objek wisata yang belum terlalu dikenal di seperti Batu Payung, Puncak Maratua yang berketinggian 111 Mdpl, Danau Tanah Bamban, dan lain-lain.
Cara ke pulau Maratua
Meskipun pulau Maratua adalah daerah wisata yang sangat indah dan menakjubkan, namun butuh usaha dan biaya yang besar untuk menuju ke sana.  Bahkan untuk warga kalimantan timur sekalipun. Hal ini mengingat lokasinya yang cukup jauh dari pulau kalimantan, dan saat ini hanya dapat dijangkau melalui jalur laut.
Titik terdekat di pulau kalimantan adalah kota atau pelabuhan Tanjung Batu yang berada di kabupaten Berau propinsi Kalimantan Timur. Dari Tanjung Batu ke pulau Maratua ditempuh dengan menggunakan speadboat kecil kapasitas 4 - 6 orang dalam waktu 1,5 jam.  Penulis menyewa spead boat untuk rute tur pulau satu hari dari Tanjung batu - Pulau Maratua - Pulau Kakaban - Pulau Sangalaki - Pulau Derawan kembali ke Tanjung Batu dengan biaya Rp 1,8 juta.
Biaya tersebut melalui proses nego yang cukup ketat, maklum biaya normal untuk rute tersebut adalah Rp 2,5 juta. Trik nego tersebut adalah tidak dilakukan di pelabuhan tapi di tempat parkir. Selain itu hari itu kebetulan weekday jadi sepi wisatawan. Di tempat parkir tersebut terdapat beberapa rumah panggung yang berdiri di atas tepi laut. Di rumah tersebut terdapat beberapa spead boat yang bersandar. Waktu itu penulis bernegosiasi dengan pengemudi speed boat yang bernama saudara Yan. Sayang penulis lupa mencatat no HP nya.
 Tempat Parkir pelabuhan Tanjung Batu
Untuk Tour satu hari ke empat pulau tersebut sebaiknya di mulai pagi-pagi sekali dari Tanjung Batu, mengingat jarak dan waktu tempuh yang cukup jauh.  Musim kemarau adalah waktu terbaik untuk kunjungan, karena saat musim hujan dan cuaca mendung, maka cahaya matahari yang tembus ke dasar laut menjadi jauh berkurang. Sehingga pemandangan di bawah laut pun akan menjadi gelap.

Untuk ke Tanjung Batu dapat dilakukan dengan perjalanan darat dari kota Tanjung Redeb yang merupakan ibukota kabupaten Berau. Tanjung Redeb - Tanjung Batu memakan waktu sekitar 2 jam. Tidak ada angkutan umum dari Tanjung Redeb ke Tanjung Batu. Jadi anda harus sewa mobil atau menggunakan travel. Biaya travel sekitar Rp 100.000 s/d Rp 150.000 per orang.
Untuk ke Tanjung Redeb dapat di tempuh dengan menggunakan jalur darat atau udara. Untuk jalur darat sangat menguras tenaga dan waktu mengingat jaraknya yang sangat jauh dari Balikpapan. Perliraan sekitar 24 jam waktu yang dibutuhkan dari Balikpapan ke Tanjung Redeb via jalur darat. 
Rute lain ke pulau Maratua adalah via Tarakan melalui jalur laut. Namun rute ini jaraknya jauh lebih panjang dibandingkan rute Tanjung batu - Pulau Maratua sehingga biaya untuk speed boat akan jauh lebih mahal.

Saat ini di pulau maratua sedang dibangun landasan pesawat udara. Kedepannya diharapkan dapat menjadi alternatif transportasi ke pulau Maratua.

Terdapat beberapa Hotel dan penginapan di pulau Maratua. Untuk data lengkap hotel dan penginapan tersebut silahkan kunjungi Link ini

No comments:

Post a Comment