Tuesday, 9 December 2014

TOUR KE PULAU SANGALAKI, BERAU

ENGLISH/INDONESIAN

Pulau Sangalaki terletak di kabupaten Berau, propinsi kalimantan Timur. Dari total 31 pulau di kawasan Kepulauan Derawan, Pulau Sangalaki merupakan salah satu dari 4 pulau yang paling terkenal selain Pulau Derawan sendiri, Pulau Maratua, dan Pulau Kakaban.

Peta Lokasi Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki mempunyai luas 15,9 hektare. Pulau Sangalaki memiliki pantai yang datar dengan Pantai pasir  selebar 12-15 meter dengan kelerengan antara 6°-11°. Air laut di sekitar pulau Sangalaki sangat jernih.


Daya tarik utama pulau Sangalaki adalah taman bawah lautnya yang kaya dengan aneka biota laut. Salah satu biota laut khas Sangalaki adalah ikan Pari Manta. Pari Manta  adalah hewan yang sangat langka, banyak wisatawan datang ke Sangalaki hanya untuk melihat hewan yang sangat unik ini. Hewan tropis ini terlihat seperti ikan pari, tapi uniknya kedua kumisnya bekerja sebagai sayap.

Beberapa titik penyelaman favorit pada kawasan ini yaitu (lihat gambar): 
  1. Channel Entrance,
  2. Turtle Town,
  3. Sandy Ridge,
  4. Manta Run,
  5. Sherwood Forest,
  6. Manta Parade,
  7. Manta Avenue,
  8. Eel Ridge,
  9. Lighthouse dan
  10. The Rockies 
  11. Coral Gardens, 
Selain Ikan Pari Manta di pulau Sangalaki juga terdapat penangkaran Penyu.sekali bertelur bisa ratusan telur yang di hasilkan 1 ekor penyu ,di pulau ini setiap harinya bisa di singgahi 5 -10 penyu bahkan lebih,
Cara ke pulau Sangalaki
Meskipun pulau Sangalaki adalah daerah wisata yang sangat indah dan menakjubkan, namun butuh usaha dan biaya yang besar untuk menuju ke sana.  Bahkan untuk warga kalimantan timur sekalipun. Hal ini mengingat lokasinya yang cukup jauh dari pulau kalimantan, dan saat ini hanya dapat dijangkau melalui jalur laut.

Titik terdekat di pulau kalimantan adalah kota atau pelabuhan Tanjung Batu yang berada di kabupaten Berau propinsi Kalimantan Timur. Dari Tanjung Batu ke pulau Sangalaki ditempuh dengan menggunakan speadboat kecil kapasitas 4 - 6 orang dalam waktu 1,5 jam.  Penulis menyewa spead boat untuk rute tur pulau satu hari dari Tanjung batu - Pulau Maratua - Pulau Kakaban - Pulau Sangalaki - Pulau Derawan kembali ke Tanjung Batu dengan biaya Rp 1,8 juta.

Biaya tersebut melalui proses nego yang cukup ketat, maklum biaya normal untuk rute tersebut adalah Rp 2,5 juta. Trik nego tersebut adalah tidak dilakukan di pelabuhan tapi di tempat parkir. Selain itu hari itu kebetulan weekday jadi sepi wisatawan. Di tempat parkir tersebut terdapat beberapa rumah panggung yang berdiri di atas tepi laut. Di rumah tersebut terdapat beberapa spead boat yang bersandar. Waktu itu penulis bernegosiasi dengan pengemudi speed boat yang bernama saudara Yan. Sayang penulis lupa mencatat no HP nya.

 Tempat Parkir pelabuhan Tanjung Batu

Untuk ke Tanjung Batu dapat dilakukan dengan perjalanan darat dari kota Tanjung Redeb yang merupakan ibukota kabupaten Berau. Tanjung Redeb - Tanjung Batu memakan waktu sekitar 2 jam. Tidak ada angkutan umum dari Tanjung Redeb ke Tanjung Batu. Jadi anda harus sewa mobil atau menggunakan travel. Biaya travel sekitar Rp 100.000 s/d Rp 150.000 per orang.

Untuk ke Tanjung Redeb dapat di tempuh dengan menggunakan jalur darat atau udara. Untuk jalur darat sangat menguras tenaga dan waktu mengingat jaraknya yang sangat jauh dari Balikpapan. Perliraan sekitar 24 jam waktu yang dibutuhkan dari Balikpapan ke Tanjung Redeb via jalur darat.

Rute lain ke pulau Sangalaki adalah via Tarakan melalui jalur laut. Namun rute ini jaraknya jauh lebih panjang dibandingkan rute Tanjung batu - Pulau Sangalaki  sehingga biaya untuk speed boat akan jauh lebih mahal.

Saat ini di pulau Maratua sedang dibangun landasan pesawat udara. Kedepannya diharapkan dapat menjadi alternatif transportasi ke pulau Maratua.

Terdapat beberapa Hotel dan penginapan di pulau Maratua. Untuk data lengkap hotel dan penginapan tersebut silahkan kunjungi Link ini

No comments:

Post a Comment