Tuesday, 9 December 2014

WISATA KE PULAU DERAWAN, BERAU

ENGLISH/INDONESIAN

Pulau Derawan terletak di kabupaten Berau, propinsi kalimantan Timur. Dari total 31 pulau di kawasan Kepulauan Derawan, Pulau derawan merupakan salah satu dari 4 pulau yang paling terkenal selain Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki, dan Pulau Maratua.

Peta Lokasi Pulau Derawan
Pulau derawan memiliki air yang sangat jernih dan pasir putih di sepanjang garis pantainya. Di Perairan pulau Derawan banyak di jumpai penyu raksasa. Bahkan dari dermagapun sering terlihat penyu raksasa tersebut sedang mencari makan. Selain itu beragam biota laut juga terdapat di pulau darawan. Keindahan bawah laut derawan sangat menakjubkan. 
Untuk menikmati keindahan bawah laut anda cukup menceburkan diri dermaga. Jangan lupa menggunakan pelampung untuk keamanan dan menghemat tenaga. Arus air di pulau derawan ini cukup kuat. Jadi sebaiknya anda berhati-hati agar tidak terbawa arus air ke laut lepas. Pilihlah area berenang anda di antara dua dermaga. Lihatlah arah arus air. Jadi anda start berenang dari dermaga awal arus dan anda akan hanyut hingga dermaga berikutnya. Lalu anda bisa ulangi berenang dari dermaga awal lagi.
Cara ke pulau Derawan
Pulau Derawan merupakan pulau terdekat dengan daratan Kalimantan di antara empat pulau terkenal di kepulauan Derawan yang telah disebutkan sebelumnya. Jadi jika anda hanya berniat mengunjungi pulau Derawan maka biaya yang dikeluarkan lebih mudah dan caranya juga lebih mudah.
Titik terdekat di pulau kalimantan adalah kota atau pelabuhan Tanjung Batu yang berada di kabupaten Berau propinsi Kalimantan Timur. Jika anda hanya berniat ke pulau derawan saja maka dapat menggunakan speed boat dari pelabuhan Tanjung batu dengan tarif sekitar Rp 100.000 per orang. Biasanya speed boat akan menunggu penumpang penuh sebelum berangkat. Jika anda berniat menyewa speed boat kecil kapasitas 4-6 orang maka tarifnya adalah sekitar Rp 350.000 - Rp 400.000 sekali jalan. Ketika anda akan kembali anda akan di jemput dengan tarif yang sama. waktu tempuh Tanjung batu ke pulau Derawan sekitar 20 menit dengan speed boat.
 Namun jika anda ingin juga berkunjung ke pulau lainnya berikut adalah triknya.

Dari Tanjung Batu ke pulau Maratua ditempuh dengan menggunakan speadboat kecil kapasitas 4 - 6 orang dalam waktu 1,5 jam.  Penulis menyewa spead boat untuk rute tur pulau satu hari dari Tanjung batu - Pulau Maratua - Pulau Kakaban - Pulau Sangalaki - Pulau Derawan kembali ke Tanjung Batu dengan biaya Rp 1,8 juta. dari pulau Maratua ke pulau Kakaban di tempuh sekitar 20 menit dengan speed boat.

Biaya tersebut melalui proses nego yang cukup ketat, maklum biaya normal untuk rute tersebut adalah Rp 2,5 juta. Trik nego tersebut adalah tidak dilakukan di pelabuhan tapi di tempat parkir. Selain itu hari itu kebetulan weekday jadi sepi wisatawan. Di tempat parkir tersebut terdapat beberapa rumah panggung yang berdiri di atas tepi laut. Di rumah tersebut terdapat beberapa spead boat yang bersandar. Waktu itu penulis bernegosiasi dengan pengemudi speed boat yang bernama saudara Yan. Sayang penulis lupa mencatat no HP nya.

Untuk ke Tanjung Batu dapat dilakukan dengan perjalanan darat dari kota Tanjung Redeb yang merupakan ibukota kabupaten Berau. Tanjung Redeb - Tanjung Batu memakan waktu sekitar 2 jam. Tidak ada angkutan umum dari Tanjung Redeb ke Tanjung Batu. Jadi anda harus sewa mobil atau menggunakan travel. Biaya travel sekitar Rp 100.000 s/d Rp 150.000 per orang.

Untuk ke Tanjung Redeb dapat di tempuh dengan menggunakan jalur darat atau udara. Untuk jalur darat sangat menguras tenaga dan waktu mengingat jaraknya yang sangat jauh dari Balikpapan. Perliraan sekitar 24 jam waktu yang dibutuhkan dari Balikpapan ke Tanjung Redeb via jalur darat.

Rute lain ke pulau Derawan adalah via Tarakan melalui jalur laut. Namun rute ini jaraknya jauh lebih panjang dibandingkan rute Tanjung batu - Pulau Kakaban sehingga biaya untuk speed boat akan jauh lebih mahal.

Saat ini di pulau maratua sedang dibangun landasan pesawat udara. Kedepannya diharapkan dapat menjadi alternatif transportasi ke pulau Maratua.

No comments:

Post a Comment